Menjaga Indonesia

Kreasi di Tengah Pandemi, Idah ‘Promosikan’ Masker Motif Karawo

HABARI.ID I Belum ada yang bisa memastikan kapan pandemi Covid-19 akan berakhir. Selama di masa pandemi, masyarakat masih akan terus mengenakan masker. Keharusan menggunakan masker, akan menjadi budaya dan kebiasaan baru masyarakat sebagai upaya adaptasi.

Meski di masa pandemi, masyarakat bisa berkreasi. Kreasi yang belakangan yang muncul adalah masker bermotif karawo.

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Gorontalo, Idah Syahidah, yang mendampingi Gubernur Rusli Habibie saat mengikuti halal bihalal dengan belasan pengurus Kerukunan Keluarga Indonesia Gorontalo (KKIG) secara daring, Senin (25/5/2020), memanfaatkan moment itu untuk mempromosikan masker karawo, hasil kreasi UMKM binaannya.

Sejak ‘diwajibkannya’ penggunaan masker, istri Gubernur ini telah memberdayakan sejumlah warga untuk membuat masker berbahan dasar kain.

Masker ini telah dibagi-bagikan kepada masyarakat dan saat ini sudah ada UMKM yang memproduksi masker kain bermotif karawo.

Anggota DPR RI Komisi VIII ini mengharapkan, ketua dan anggota KKIG di seluruh daerah turut mempromosikan masker kain bermotif karawo ini.

“Saya pakai masker karawo, hasil UMKM binaan saya. Ini tolong teman-teman promosikan dan dijual ke setiap KKIG di setiap daerah. Karena ini juga bisa membantu masyarakat yang terdampak wabah covid-19 di Provinsi Gorontalo,” tutur Idah.

Saat ini penjahit masker kain binaan TP PKK Provinsi Gorontalo sebanyak tiga kelompok, masing-masing di Kota Gorontalo, Kabupaten Bone Bolango, dan Kabupaten Pohuwato.(rls/fp/habari.id)