Menjaga Indonesia

Teken MoU dengan System Dynamics Center, UNG Terus Genjot Pengembangan Kapasitas Sumber Daya

HABARI.ID I Banyak hal yang bisa dikembangkan dari kemitraan yang dibangun Universitas Negeri Gorontalo (UNG) dengan System Dynamics Center (SDC).

Tak hanya menyentuh aspek pengembangan kapasitas SDM, kemitraan kedua institusi yang sudah ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman ini, bisa mengembangkan berbagai sistem yang erat kaitannya dengan keberadaan UNG sebagai lembaga pendidikan tinggi.

Rektor UNG, Eduart Wolok mengungkapkan, dengan adanya kerjasama ini, membuka lebar peluang bagi sumber daya manusia (SDM) yang ada di UNG untuk mengembangkan kapasitas melalui pelatihan, penelitian, pusat data dan penyediaan lisensi.

“Dalam kerjasama ini akan ada pelatihan untuk peningkatan kapasitas dan kapabilitas teman-teman di UNG, termasuk dalam kerangka untuk peningkatan pemahaman dan pemetaan untuk Covid-19,” ungkap Rektor, Jumat (26/06/2020).

Dengan adanya penandatangan nota kesepahaman tersebut, menurut Rektor, kerjasama UNG dengan System Dynamics Center akan dilakukan dalam beberapa tahun ke depan.

UNG Teken MoU dengan System Dynamics Center
Rektor UNG memberi sambutan pada acara penandatanganan MoU dengan System Dynamics Center.[foto_hms.ung]
Sementara itu, Kepala System Dynamics Center, Dr. Irman Firmansyah, S.Hut, M.Si, mengharapkan kerjasama ini dapat membuka wawasan dan teknologi serta sistem kependidikan khususnya sistem-sistem analisis.

Ke depan, di SDC akan ada pengembangan one portal repository system dynamic. SDC membuka ruang bagi penelitian terkait system dynamic, masuk dalam portal tersebut.

“Semua Universitas akan dimasukan dalam one portal reporisoty khusus system dynamic. Kami juga bekerja mengembangkan center big data yang nanti bisa bekerjasama dengan UNG,” ungkap Irman.(rls/fp/habari.id)