Gorontalo Siap Kirim Pasokan 500 Ekor Sapi Ke Tarakan Kalimantan Utara

oleh

HABARI.ID | Peluang bisnis menarik untuk petenak sapi di Gorontalo datang dari Tarakan, Kalimantan Utara. Daerah ini masih membutuhkan 2000 ekor sapi untuk memenuhi hewan kurban di daerahnya.

Permintaan pasokan sapi itu disambut baik oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo. Untuk memenuhi permintaan itu Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan (Kumperindag) Provinsi Gorontalo Risjon Sunge pada 28 Juni nanti akan mengirim 500 ekor melalui jalur laut. Sisanya akan dikirim melalui jalur darat melalui Toli – toli dan Palu.

“Kami siap mengirim 500 ekor sapi melalui jalur laut, 1500 ekor sapi akan dikirim melalui rute Sulawesi Tengah sebelum diseberangkan ke Tarakan,” kata Risjon Sunge usai membuka rapat pembahasan tindak lanjut kerjasama perdagangan sapi antarpulau sekaligus perkembangan kenaikan harga cabe rawit dan bawang merah di kantor Dinas Kumperindag, Selasa (21/6/2022).

Risjon Sunge menyanggupi kemampuan daerah ini untuk mengirimkan 500 ekor sapi melalui jalur laut. Tingginya permintaan sapi asal Gorontalo ini mengundang optimistis para petani.

“Jika melihat perkembangan selama ini, bisa terpenuhi 2000 karena sampai dengan bulan juni ini sudah 2000 ekor yang sudah dikirim. Setiap tahun ini naik 30 – 40 persen permintaan. Jadi bukan hanya permintaan menjelang idul adha, kemarin sudah 2000 lebih yang dikirim, pasokan mereka sekarang sisa 250, Jadi mereka minta lagi 2000 ekor. Dan itu terus ini bukan saja Tarakan, tetapi kota kota lain seperti bulungan, Balikpapan minta untuk dikirim ke sana,” ujar Risjon.

“Yang diharapkan gubernur adalah dipastikan benar bahwa pengiriman itu bisa tepat waktu, dan rutin setiap dua minggu sekali ada pengiriman ke Tarakan,” tutur Risjon Sunge.

Risjon menjelaskan stok sapi di Gorontalo surplus, sehingga mampu untuk menyuplai kebutuhan daerah lain. Setiap tahun permintaan sapi ke Tarakan meningkat 30 – 40 persen. Sehingga ini merupakan peluang pasar yang baik untuk Gorontalo.

Kerjasama ini juga menguntungkan peternak sapi Gorontalo karena harga sapi di Tarakan lebih mahal. Nantinya kerja sama perdagangan sapi antar pulau ini akan ditindak lanjuti dengan penanda tanganan MOU antara Tarakan dan Pemda Gorontalo Utara, dan MOU antara Provinsi Kaltara dengan Gorontalo. (edm/habari.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.