Menjaga Indonesia

Basarnas Berhasil Evakuasi Tiga Pendaki di Hutan Gunung Tilongkabila

HABARI.ID I Tiga orang pencinta alam yang terjebak di pegunungan Tilongkabila, berhasil dievakuasi tim Basarnas, Senin (03/02/2020).

Mereka ditemukan selamat, setelah sempat mengalami kelelahan yang amat sangat saat melakukan pendakian.

Sekitar pukul 07.30 WITA, tim penyelamat yang terdiri dari Rescue Basarnas, BPBD Provinsi Gorontalo, BPBD Bone Bolango, Tagana Bone Bolango dan Rapi Bone Bolango serta masyarakat relawan, menemukan tiga pendaki dari Komunitas Pencita Alam Gempa Perisai ini.

Saat mendapat laporan, tim Basarnas langsung bergerak menyusuri pegunungan Tilongkabila.

“Tadi malam kami langsung naik pegunungan Tilongkabila, langsung melakukan evakuasi. Dan pagi ini pukul 07.30 WITA tim sudah tiba di posko dengan membawa seluruh korban,” kata Kepala Basarnas Gorontalo, Djefri Mewo sebagaimana yang dilansir gopos.id.

Sebelumnya ketiga pendaki tersebut dikabarkan terjebak di tengah hutan gunung Tilongkabila, setelah salah satu rekan mereka mengalami kelelahan yang mengakibatkan kaki rekan mereka tak bisa digerakkan.

“Teman mereka yang kelelahan itu Febrian Labadjo usianya 18 tahun. Dua rekan lainnya, tetap menemani dan mendampingi Febrian. Sementara beberapa rekan lainnya, turun ke desa mencari pertolongan,” kata Djefri.

Perubahan jalur pendakian serta kondisi hujan yang deras sejak dini hari tadi, membuat proses evakuasi sedikit memakan waktu.

“Kondisi hujan deras, sedikit menjadi terkendala saat proses evakuasi. Tapi Allhamdulillah, kita bisa menuntaskan tugas ini. Korban kami evakuasi menggunakan tandu, karena mereka sudah tak sanggup lagi berjalan,” kata Djefri.(fp/habari.id)