Menjaga Indonesia

Menjamin Eksistensi Perempuan, Pemkab Gorontalo Rancang Regulasi Pengarusutamaan Gender

HABARI.ID I Pemerintah Kabupaten Gorontalo terus membuka ruang dan peluang bagi kaum perempuan di berbagai sektor, termasuk pemerintahan.

Kaum perempuan, menurut Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo, harus dipandang sebagai potensi sehingga harus diberi peran dalam berbagai lini demi lahirnya perubahan.

Di era bonus demografi, jumlah perempuan lebih banyak dari jumlah laki-laki. Hal ini, menurut Nelson, menjadi momentum terbaik bagi perempuan untuk dapat memberikan kontribusi lebih.

“Peran sudah diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Gorontalo. Tapi kita harus terus mendorong dengan benar-benar memastikan kaum perempuan dilibatkan dari awal hingga sampai akhir (pemerintahan),” ungkap Bupati Nelson Pomalingo,

selepas Pembahasan Ranperda Usul Inisiatif Pemerintah Kabupaten Gorontalo tentang Ranperda Pengarusutamaan Gender dan Raperda Kabupaten Layak Anak di Ruang Sidang DPRD Kabupaten Gorontalo, Senin (03/02/2020).

Ranperda Usul Inisiatif Pemerintah Kabupaten Gorontalo tentang Pengarustamaan Gender, menjadi salah satu prioritas Bupati Nelson Pomalingo.

Ranperda ini, menurut Nelson, akan memberikan legal standing dan hak secara hukum bagi gerakan-gerakan perempuan di berbagai sektor.

“Kita butuh regulasi yang benar-benar pasti, biar terus berkelanjutan…”

“Bisa jadi tanpa regulasi, dan di masa mendatang, di masa Bupati ke depan, tidak berjalan lagi apa yang sudah dilakukan,” tungkas Bupati Nelson Pomalingo usai rapat paripurna bersama DPRD pembicaraan tingkat II.

Selain keseragamaan Gender, Nelson Polamlingo juga memandang perempuan bukan hanya sebatas peranan, melainkan mencarikan dan merumuskan strategi yang cocok bagi perempuan-perempuan, terlebih khusus di Kabupaten Gorontalo.(dwi/habari.id)