Wujudkan Pilkada Damai, Pemda Support KPU dan Bawaslu

oleh
Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo memberi sambutan pada acara Peluncuran Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2020, Sabtu (02/11/2019)

HABARI.ID I Kesuksesan KPU dan Bawaslu dalam penyelenggaraan Pemilu April lalu, menjadi pengalaman berharga dan bisa dijadikan parameter dan tolok ukur bagi suksesnya penyelenggaraan hajatan demokrasi lainnya, seperti Pilkada.

Dengan pengalaman itu, kata Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo, KPU dan Bawaslu — sebagai penyelenggara dan pengawas Pemilu — bisa menyelenggarakan Pilkada 2020 di kabupaten Gorontalo secara baik sesuai mekanisme.

“Pilkada akan menjadi penentu masa depan daerah untuk lima tahun berikutnya. Banyak hal yang harus dipersiapkan, mulai dari anggaran, tenaga dan pikiran,” kata Bupati saat menyampaikan sambutan pada acara Peluncuran Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2020 yang digelar di Taman Budaya, Sabtu (02/11/2019).

Dan sebagai bentuk support terhadap penyelenggaraan Pilkada 2020 mendatang, pemerintah daerah kabupaten Gorontalo telah menetapkan MPHD yang berkaitan langsung dengan pengalokasikan anggaran yang selanjutnya akan dikelola KPU maupun Bawaslu.

“Paling lambat pekan depan, kita juga akan membahas soal aspek keamanan dalam penyelenggaraan Pilkada 2020 bersama pihak kepolisian dan unsur lainnya,” kata Bupati.

Upaya lain yang juga akan dilakukan pemerintah kabupaten Gorontalo sebagai bentuk dukungan kepada KPU dan Bawaslu adalah dengan menyiapkan fasilitas di setiap TPS.

“Lepas dari semua yang dilakukan pemerintah, dukungan dari seluruh elemen masyarakat terkait Pilkada 2020, menjadi yang paling utama …,”

“Dan yang terpenting adalah, masyarakat punya pemahaman yang sama tentang Pilkada. Karena sebagaimana survei, tingkat pemahaman masyarakat baru 20 persen. Tapi saya kira ini tidak menjadi persoalan karena masih ada waktu untuk terus menyosialisasikan kepada masyarakat,” kata Bupati.

Kepada pimpinan dan simpatisan partai politik, Nelson berharap agar dapat mengikuti seluruh regulasi tentang Pilkada dengan terus melakukan koordinasi dengan penyelenggara Pilkada. “Pilkada 2020 harus berlangsung damai dan bisa melahirkan pemimpin terbaik,” kata Bupati.

Kegiatan peluncuran tahapan Pilkada 2020 ini, turut dihadiri Komisioner KPU RI, Pramono Ubaid Tantowi, Kepala Kejaksaan Negeri Limboto Supriyanto, Ketua KPU Provinsi Gorontalo, Ketua Bawaslu Provinsi Gorontalo, Ketua KPU Kabupaten/Kota Se-Provinsi Gorontalo, Anggota DPRD Kabgor, serta undangan lainnya.(fp/habari.id)

Baca berita kami lainnya di

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.