Senam Sajojo dan Mopobibi Tampil Satu Panggung, Nelson: Akulturasi Budaya Kuatkan NKRI

oleh
Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menyerahkan piagama penghargaan kepada pemenang lomba Senam Sajojo yang digelar Korem 133/NW, Sabtu (02/11/2019)

HABARI.ID I Tarian daerah, menjadi cermin kekayaan dan keanekaragaman budaya. Tarian dan lagu juga menjadi instrument dalam proses pertukaran dan akulturasi (perpaduan) budaya daerah.

“Indonesia bisa hidup berdampingan dan harmonis, karena ada sikap saling menerima dan menghargai budaya antara daerah satu dengan lainnya …,”

“Dan malam ini, saya menyaksikan itu,” kata Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo merespon penampilan siswa SMP Negeri 1 Limboto yang memadukan tarian (senam) Mopobibi dan Sajojo di malam Final Senam Sajojo yang diprakarsai Korem 133/Nani Wartabone, Sabtu (02/11/2019).

Menurutnya, selama sikap ini masih ada di masyarakat, maka disitu akan ada proses perpaduan budaya. Dan inilah yang mengokohkan NKRI. “Budaya Nusantara mampu menyatukan kita yang berbeda-beda ini,” kata Bupati.

Senada dengan itu, Danrem Nani Wartabone/133 Gorontalo, Kolonel CZI, Arnold A.P. Ritiauw, juga mengatakan, kegiatan ini memang dikemas sedemikian rupa hingga mencerminkan budaya Nusantara. “Kita semua bersaudara, satu keluarga dalam ikatan NKRI,” kata Arnold.(fp/habari.id)

Baca berita kami lainnya di

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.