Peran Pustakawan Cerdaskan Bangsa

oleh
Pose bersama pada Musyawarah Daerah Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI), Selasa (30/7/2019)

HABARI.ID, GORONTALO – Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Provinsi Gorontalo Yosef Koton  membuka Musyawarah Daerah Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI), Selasa (30/7/2019) di gedung Bele Li Mbui Kota Gorontalo. Kadis mengingatkan betapa pentingnya peran seorang pustakawan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Pustakawan memiliki peran penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, dengan adanya perubahan dan dinamika masyarakat serta perbukuan di masa depan tantangan pustakawan akan semakin tinggi,” jelas Yosep Koton.

Menurut Yosef, selain untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, tantangan yang dihadapi para pustakawan saat ini adalah meningkatkan minat baca masyarakat yang masih minim.

Kondisi ini harus dicarikan solusi dengan berbagai cara, termasuk melayani kelompok masyarakat atau sekolah dengan mendatangkan mobil perpustakaan keliling.

“Pengurus baru ini diharapkan memiliki semangat baru untuk meningkatkan gerakan gemar membaca di masyarakat agar SDM di Provinsi Gorontalo ini menjadi lebih baik,” tutur Yosep.

Kadis menambahkan, musyawarah daerah yang diikuti para pustakawan Provinsi Gorontalo yang berasal dari kabupaten dan kota itu, bertujuan untuk memilih kepengurusan baru.

Pengurus baru inilah yang akan melaksanakan program kerja ke depan, termasuk meningkatkan kapasitas anggota dan layanan kepada masyarakat.

Yosef berharap organisasi ini memiliki program yang bagus agar IPI ini lebih hidup dan tidak terjebak pada formalitas, sebab profesi pustakawan ini memiliki kesamaan dengan profesi dosen dan guru yaitu memajukan bangsa agar lebih baik lagi.

Pada Musda ini terpilih sebagai ketua IPI Provinsi Gorontalo adalah Hans Ruchban dan sebagai wakilnya Erna Harmain.(ppid/arpus/HumasPemprov/Habari.id)

Baca berita kami lainnya di

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.