Menjaga Indonesia
Daerah

Nihil Kasus Covid-19, Sekolah di Kabgor Bakal Dibuka

HABARI.ID I Sekolah di Kabgor (Kabupaten Gorontalo) bakal dibuka, karena kasus pandemi Covid-19 di daerah tersebut menurun drastis.

Apalagi secara umum kasus pandemi Covid-19 di Provinsi Gorontalo, terus melandai sampai menjadikan Gorontalo sebagai daerah pertama dengan tingkat kesembuhan paling banyak.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gorontalo, Zubair Pomalingo jelaskan Kamis (19/11/2020) kepada wartawan habari.id.

Paling lambat Pemerintah Kabupaten Gorontalo akan memulai lagi kegiatan belajar mengajar pada awal tahun akan datang di 2021.

Rencana ini, tentu akan melalui proses pengkajian termasuk dengan rencana pelaksanaan proses KBM di masing-masing lembaga pendidikan di Kabupaten Gorontalo.

“Sekarang sudah minim kasus Covid-19, Kabupaten Gorontalo sudah di zona hijau, kemungkinan tahun 2021 ini kita mulai buka sekolah,” jelas Zubair Pomalingo.

Rencana kembali menggunakan gedung sekolah sebagai lokasi belajar siswa itu, sudah dibahas bersama dengan Kementrian Agama.

Meski demikian, Dinas Pendidikan Kabupaten Gorontalo sendiri masih akan mematangkan segala keperluan, terkait keamanan protokol kesehatan di setiap sekolah.

“Kita akan coba di semester baru ini, dengan mulai turunya kasus tersebut, siswa kemungkinan sudah bisa kembali ke sekolah. Tapi kami masih membutuhkan waktu mengkaji ini bersama Dinas Kesehatan,” jelas Zubair.

Pada pembukaan sekolah protokol kesehatan Covid-19 seperti 3M, akan lebih di pertegas khusus di lembaga pendidikan.

Memastikan kelas memiliki standar jarak meja siswa, dan memiliki tempat cuci tangan yang memadai.

“Kita tetap berkoordinasi dengan pihak kesehatan, termasuk di tingkat desa. Kalau ada sekolah yang tidak taat protkes, kami akan tutup aktivitasnya,” tutup Zubair Pomalingo.(wi/habari.id).