Menjaga Indonesia

Waspada Penipuan!, KIPP Wilayah Trenggalek Minta Masyarakat Jaga Data Pribadi

HABARI.ID, TRENGGALEK I Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) wilayah Trenggalek meminta masyarakat untuk selalu waspada dan hati-hati terkait dengan data pribadi.

Bagian Divisi monitoring dan Advokasi KIPP wilayah Trenggalek, Nur Rochmad, S.H,.M.H mengatakan, masyarakat diharapkan untuk selalu waspada dan berhati-hati dengan data diri.

Baca Juga: HP Milik Syah, Cawabup Paslon Nomor 2 Trenggalek, Diretas! 

“Jika tidak penting-penting amat, jangan sampai menyerahkan identitas pribadi seperti KTP dan KK ke orang lain. Terlebih kepada orang yang tidak kita kenal,” terangnya, Kamis (19/11/2020).

Ia berpesan kepada masyarakat agar tidak mudah percaya dengan oknum yang meminta KTP dan KK dengan alasan yang tidak jelas.

“Untuk itu, saya mengimbau kepada masyarakat untuk tidak sembarangan menyerahkan atau memberikan foto kopi KTP dan KK kepada pihak lain yang kemungkinan bisa digunakan untuk melakukan tindak pidana atau melawan hukum,” tegasnya.

Lebih lanjut Nur Rochmad menyampaikan, bila nanti didatangi oleh oknum yang meminta data identitas pribadi, paling tidak masyarakat minta penjelasan untuk apa data itu. Ia berharap, agar proses pelaksanaan Pilkada serentak nanti dapat berjalan dengan baik, jujur, aman, dan lancar.

“Saya berharap masyarakat jangan sembarangan memberikan informasi , kecuali resmi dari pemerintah karena keamanan data pribadi KTP dan KK menjadi tanggungjawab masing-masing,” pesannya.(Sar/habari.id)