Menjaga Indonesia
Daerah

Soal Vaksin Covid-19 Berbahaya, Roni: Itu Hoax

HABARI.ID I Kabar yang menyebutkan Vaksin Covid-19 berbahaya, dan berdampak buruk bagi kesehatan pengguna, ditanggapi oleh Kadis Kesehatan Kabupaten Gorontalo.

Ketidakpercayaan ini berangkat dari berbagai narasi negatif yang bertebaran di media sosial terkait penggunaan vaksin dari virus yang menyebar pada tahun 2019 itu.

Roni Sampir Kelapa Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo Rabu (18/11/2020) mengimbau masyarakat, untuk tidak mempercayai isu hoax tersebut.

Kata dia, upaya pembuatan vaksin tidak sembarangan dan telah melalui cek medis yang ketat dan panjang.

“Tak mungkin kalo vaksin covid-19 itu berbahaya, karena kalo memang berbahaya maka tak bisa lolos dari pengawasan BPOM, bahkan tak akan disebarkan dan digunakan,” jelas Roni Sampir.

Lanjut Roni, pada dasarnya pembuatannya ini telah diuji kemanan, dampak, dan keampuhannya.

Sebagai penawar yang akan menjadi kunci utama penanganan pandemi, pembuatanya pun dilakukan dengan standar kesehatan.

“Sudah diperkirakan apakah ada efek samping, jadi kalo masih ada maka tak bisa dipakai. Jika sudah ada berarti sudah dipastikan oleh balai BPOM kalo itu aman,” jelas Roni.

Roni juga berharap, masyarakar untuk tenang dan tidak termakan isu hoax di media sosial. Dirinya meminta agar masyarakat bisa lebih bijak dalam menyerap informasi yang berkaitan dengan covid-19.(wi’/habari.id).