Menjaga Indonesia

Mess Haji Cocok Jadi Tempat Isolasi ODP Covid 19

HABARI.ID I Ada yang menyarankan agar Mess Haji Gorontalo dijadikan tempat isolasi ODP (orang dalam pemantauan). Saran ini disampaikan Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo. Menurut Nelson, ODP perlu dilokalisir di satu tempat agar benar-benar terpantau, terawasi dan bisa dikendalikan.

“Kita manfaatkan fasilitas yang ada untuk sementara waktu sebagai tempat isolasi. Isolasi adalah salah satu jalan untuk mitigasi, mengurangi resiko dan dampak penyebaran Covid 19. Kalau Mess Haji dijadikan tempat isolasi, maka orang-orang yang masuk ke wilayah Gorontalo bisa dipantau …,”

“Jika hanya mengharapkan adanya kesadaran dari setiap ODP melakukan isolasi mandiri, maka itu belum efektif dalam konteks pengawasan. Proses ini bisa saja diabaikan,” kata Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo yang baru saja menandatangani usulan penanganan Covid 19, salah satunya menyangkut proses isolasi ODP.

Tindakan pengendalian infeksi ini, belum sampai pada fase mengenali tanda-tanda apakah orang terinfeksi Corona atau tidak.

Yang diidentifikasi hanya dari mana orang yang masuk ke Gorontalo ini berasal. Resiko penularan akan muncul ketika orang yang masuk di wilayah Gorontalo berasal dari daerah transmisi lokal Covid 19 atau daerah yang sudah terinfeksi virus Corona.

“Intinya, setiap mereka yang masuk ke Gorontalo harus menjalani proses ini, semisal di Mess Haji. Selama selama 4 sampai 5 hari mereka di sana dan diawasi langsung oleh tenaga medis …,”

“Jika tak ada perubahan atau tidak memperlihatkan tanda-tanda dan gejala, maka mereka berhak pulang dengan catatan harus melanjutkan prosedur yang menjadi bagian dari penanganan Covid 19 ini, menggenapkan hingga 14 hari,” jelas Nelson Pomalingo.

Nelson juga meminta agar orang yang baru datang di Gorontalo (ODP) terdata dengan baik dan akurat. Dari jumlah ODP yang terdata, selanjutnya akan bisa diawasi Puskesmas.

“Soal data ODP, tentu perlu ada sinkronisasi agar akurat datanya. Masuknya orang-orang ke sebuah wilayah, menjadi salah satu faktor yang bisa memperluas penyebaran virus Corona. Kita bikin sistem isolasi yang proses pengawasannya benar-benar berlapis,” kata Nelson.(dwi/habari.id)