Menjaga Indonesia

HKN ke-56: Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat

HABARI.ID I ‘Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat’, menjadi tema peringatan HKN ke-56. Di tengah pandemi global COVID-19, pencanangan kegiatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ini menjadi sedikit beda. Kegiatan yang digelar Dinas Kesehatan (Dikes) Provinsi Gorontalo dalam rangka HKN ke-56 ini, memprioritaskan kegiatan lebih yang memiliki substansi.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, Misranda Nalole mengatakan, HKN tahun ini lebih diarahkan pada upaya-upaya mendorong produktifitas masyarakat melalui cara-cara yang aman dan mampu beradaptasi dengan kebiasaan baru di era pandemi COVID-19.

Ia juga mengajak masyarakat, yang di dalamnya termasuk tenaga kesehatan, untuk selalu disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan agar tidak terpapar COVID-19.

“Sebesar dan sekuat apapun upaya pemerintah tidak akan cukup, apabila tidak didukung oleh masyarakat dengan mematuhi protokol kesehatan,” kata Misranda pada acara pencanangan HKN ke-56, Rabu (04/11/2020).

Misranda juga mengajak seluruh jajaran dinas kesehatan dan seluruh sektor yang terlibat dalam dunia kesehatan untuk senangtiasa mengkampanyekan 3M dalam menjalankan protokol kesehatan. Yaitu Memakai Masker, Menjaga Jarak, Mencuci Tangan dengan Sabun.

“Harus dimulai dari diri kita. Kemudian kita implementasikan kepada keluarga, kerabat terdekat kita. Sehingga upaya pencegahan Covid-19 benar-benar berjalan baik di masyarakat kita,” jelas Misranda.

Pelaksanaan pencanangan HKN sendiri diawali dengan pemotongan tumpeng oleh Kepala Dinas Kesehatan bersama seluruh jajaran dinas kesehatan provinsi Gorontalo.(fp/habari.id)