Menjaga Indonesia

Peringati HKN ke-56, Sekda Kota Blitar Gugah Kesadaran Masyarakat Tentang ‘3M’

HABARI.ID, KOTA BLITAR I Memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-56 Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar menggelar webinar kesehatan yang dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Blitar Drs. Rudi Wijanarko bertempat di ruang intergrated system center Kominfo Kota Blitar Kamis, ( 05/11/20 ) dengan nara sumber pakar kesehatan.

Kegiatan yang erat kaitannya dengan penanganan COVID-19 di moment peringatan HKN ini, mengangkat tema; “Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat”.

Ini menjadi momentum yang tepat untuk terus memerangi COVID-19 meski belum diketahui persis kapan pandemi akan berakhir.

Peringatan HKN yang jatuh pada tanggal 12 November diisi dengan berbagai kegiatan dengan melibatkan instansi kesehatan yang ada di wilayah Kota Blitar.

Sekretaris Daerah Kota Blitar, Rudi Wijanarko, saat membuka webinar mengajak semua komponen masyarakat untuk patuh terhadap protokol kesehatan, tetap memakai masker bila keluar rumah, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, menjaga jarak (3M).

Tiga hal penting dianggap sebagai langkah yang efektif untuk mencegah penyebaran virus Corona.

“Upaya pemerintah kota Blitar sudah berupaya maksimal dalam memutus mata rantai penyebaran COVID-19 dengan segala cara …,”

“Mulai dari sosialisasi, dan penertiban menggunakan masker. Namun di lapangan masih banyak kita jumpai masyarakat yang belum menggunakan masker dengan benar, sehingga kita terus berupaya maksimal melakukan langkah prefentif,” ungkap Sekda Kota Blitar.

Atas nama Pemerintah Kota Blitar, Rudi Wijanarko menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya webinar kali ini.

Sekda Kota Blitar, Drs. Rudi Wijanarko saat ditemui wartawan usai gelar Webinar dalam rangka HKN ke-56.[foto_istimewa]
Meski di tengah pandemi  semua masih produktif dan kreatif dan berusaha bangkit dari keterpurukan dalam akibat penyebaran virus Corona.

“Melalui webinar saya kepada para peserta mendapatkan edukasi untuk tetap produktif namun aman dari covid-19, dan webinar ini diperlukan untuk memperkuat dan menyamakan persepsi maupun tindakan dalam pengendalian covid 19 di Kota Blitar …,”

“Untuk mencapai hal itu diperlukan langkah-langkah terpadu terarah dan terukur serta menyeluruh dengan seluruh komponen masyarakat dan Pemerintah Kota Blitar,” imbuhnya.

Lebih lanjut Rudi Wijanarko menyampaikan, dalam upaya bangkit melawan COVID-19, sangat tidak mungkin dilakukan sendirian.

Untuk mengatasi pandemik ini upaya pemerintah tidak akan cukup apabila tidak didukung oleh berbagai pihak.

“Melawan COVID-19 tentunya membutuhkan kerjasama yang erat dan kuat dari seluruh stakeholder. Kerjasama itu salah satunya dengan pelaksanaan webinar kali ini untuk membangkit kesadaran masyarakat akan pentingnya upaya pencegahan COVID-19,” pungkasnya.(Adv/Hms/tos/habari.id)