Menjaga Indonesia

Kampanye 3M di Momen Peringatan HKN ke-56, Dinkes Provinsi Gorontalo Bagi-bagi Masker di Wilayah Perbatasan

HABARI.ID I Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-56, menjadi moment bagi Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo untuk melakukan kampanye 3M; Memakai masker, Mencuci tangan dan Menjaga jarak.

HKN yang bertemakan “Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat” ini, diperingati Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo dengan menyelenggarakan kegiatan, yang tentu saja, tidak mengundang kerumunan orang.

Kampanye dilakukan Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo di Puskesmas Atinggola, Kabupaten Gorontalo Utara, Rabu (04/11/2020). Puskesmas ini merupakan puskesmas di wilayah perbatasan antara Provinsi Gorontalo dan Provinsi Sulawesi Utara.

Kepala Seksi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat yang juga Ketua Tim Informasi dan Komunikasi Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, Nancy Pembengo mengatakan, kampanye 3M dilaksanakan untuk mensosialisasikan dan mengedukasi masyarakat tentang cara mencegah penyebaran covid-19.

“Jadi ini merupakan program yang dicanangkan Gubernur ingat pesan ibu, 3M,” ungkap Nancy.

Nancy berharap, dengan kepatuhan melakukan 3M, masyarakat dapat terhindar dari penularan covid-19 dan Gorontalo akan kembali di zona hijau penyebaran covid-19.

Selain mengampanyekan gerakan 3M di Puskesmas Atinggola, Nancy berkata, pihaknya turut menyambangi perbatasan antara Gorontalo dan Sulut. Di sana, pihak dinas Kesehatan bersama Puskesmas turut membagikan handsanitizer dan masker kepada warga setempat.

“Selain sosialisasi, kita memberikan bahan-bahan pendukung untuk mencegah penyebaran covid-19. Antara lain pembagian masker dan hand sanitizer,” kata Nancy.

Lebih lanjut, Nancy berharap agar gerakan kampanye 3M ini bisa diikuti dan dilakukan oleh dinas kesehatan kabupaten/kota.

“Jadi selain kita di provinsi, teman-teman di dinas kesehatan kabupaten/kota juga kita dorong melakukaan hal yang sama mengampanyekan 3M …,”

“Sehingga teman-teman kabupaten/kota bisa mengarahkan teman-teman di puskesmas untuk mengampanyekan secara serentak dan masif gerakan 3M,” kata Nancy.(fp/habari.id)