Menjaga Indonesia

Gorontalo Kebagian 2400 Rapid Test Kit, Deteksi Corona Jadi Lebih Cepat

HABARI.ID I Gorontalo kebagian 2400 rapid test kit, alat tes cepat untuk mendeteksi Corona. Alat tes ini sudah diterima Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid 19 Provinsi Gorontalo.

Ketua GTPP Covid 19 Gorontalo Darda Daraba menjelaskan rapid test kit tersebut sudah sampai dan telah diterima oleh pihaknya Sabtu (27/03/2020). Dengan adanya alat ini pengecekan dan konfirmasi terkait Covid 19 yang masih terus mewabah, bisa dilakukan secara tepat.

“barangnya sudah ada, kita dapat dari pusat dengan jumlah 2000 lebih. Penggunaannya juga sesuai ketentuan dan aturan yang ada,” ungkap Darda.

Terkait keberadaan rapid test kit ini juga dikomentari oleh Plt Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo Misranda Nalole. Ia menjelaskan alat tersebut sudah berada di rumah sakit rujukan. Dan akan digunakan untuk mengecek setiap ODP (orang dalam pemantauan) serta PDP (pasien dalam pengawasan) yang telah terdata.

“Kami tak mungkin membagikannya karena pasti tidak cukup untuk semua masyarakat. Sesuai SOP alat ini akan dipakai untuk mengetes setiap ODP dan PDP …,”

“Dan tentu saja setiap tenaga medis yang sering melakukan kontak dengan mereka,” jelas Misranda. Penggunaan alat tersebut, kata Misranda, harus berkoordinasi dengan dokter ahli patologi klinik.

Alat ini akan lebih mempercepat tenaga medis untuk mendapatkan informasi tentang kondisi masyarakat dengan status PDP dan ODP. Alat ini rencananya akan dibagikan ke setiap kabupaten/kota.(dwi/habari.id)