Bupati Support Pembentukan DOB Boliyohuto

oleh
Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo saat menyampaikan arahan pada rapat persiapan pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) Kabupaten Boliyohuto, Jumat (08/11/2019). (foto_HumasPemkab Gorontalo]

HABARI.ID I Wacana menjadikan wilayah Boliyohuto cs sebagai daerah otonomi baru (DOB), masih terus bergulir. Wacana ini disambut positif dari Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo.

Menurut Nelson, aspirasi ini sudah lama digulirkan, dan sudah ada sejak 10 tahun lalu. “Wilayah Boliyohuto cs yang memiliki 5 kecamatan ini, juga sudah berkembang infrastrukturnya, SDM-nya dan perekonomiannya juga sudah bagus,” kata Bupati Gorontalo.

Dengan melihat beberapa indikator itu, Bupati sepakat jika wilayah itu dimekarkan. Ini disampaikan Bupati saat hadir dalam rapat dan diskusi dengan masyarakat Boliyohuto cs, yang membahas persiapan pembentukan DOB Kabupaten Boliyohuto, Jum’at (08/11/2019).

Untuk mendukung terbentuknya kabupaten Boliyohuto, Nelson pun menjelaskan, bahwa pemerintah daerah kabupaten Gorontalo akan terus menyokong pengembangan wilayah tersebut pada beberapa aspek.

Dalam rangka pengembangan SDM, pemerintah mengalokasikan beasiswa. Pada sektor ekonomi, pemerintah kabupaten Gorontalo terus mendorong pengembangan pertanian dan peternakan yang kelak bisa menjadi potensi andalan di wilayah tersebut.

Sementara dari sisi infrastrukturnya, pemerintah sudah membangun jalan, terminal, pintu gerbang, serta rumah sakit di kecamatan Boliyohuto.

“Tahun depan, Pelabuhan Bilato juga sudah akan dibangun. Ini akan menambah pundi-pundi pendapatan di wilayah itu,” kata Nelson.

Dan untuk mempercepat proses lahirnya kabupaten Boliyohuto, pemerintah Kabupaten Gorontalo juga sudah membentuk tim pendamping yang diketuai Asisten Pemerintahan, Selmin Papeo, dibantu Kepala BKD-Diklat, Safwan Bano sebagai Sekretaris.

“Pembentukan DOB Boliyohuto ini sudah ada sejak 10 tahun lalu. Dan sudah banyak perubahan terkait peta wilayah dan sebagainya. Jadi ini perlu dikaji kembali sehingga data di pusat juga akan diubah ketika tim mempresentasikan kembali hasil kajiannya,” kata Nelson.

Respon baik Bupati terkait pembentukan DOB ini, ditanggapi perwakilan Presidium Pembentukan Kabupaten Boliyohuto, Wahid Badu.

“Terima kasih kepada Pak Bupati, dalam hal ini pemerintah daerah yang telah memberikan dukungan sepenuhnya dalam rangka mewujudkan Boliyohuto sebagai daerah yang otonom. Respon ini akan menjadi semangat bagi para pejuang pembentukan kabupaten Boliyohuto,”katanya.(fp/habari.id)

Baca berita kami lainnya di

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.