Tiba di Gorontalo, Menteri PPN/Bappenas Disambut dengan Prosesi Adat

oleh
Ketibaan Menteri PPN/Bappenas, Suharso Monoarfa di Gorontalo disambut dengan prosesi adat Mopotilolo. [foto_salman/pmprv]

HABARI.ID I Meski ia adalah putra daerah, tapi kedatangannya tetap disambut adat Mopotilolo. Mopotilolo, adalah upacara adat penyambutan pejabat negara yang baru pertama kalinya menginjakkan kakinya di Gorontalo.

Dalam kapasitas sebagai Meneri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Nasional (PPN/Bappenas), Suharso Monoarfa baru pertama kali ini datang ke Gorontalo sejak dilantik Oktober lalu.

Prosesi adat Mopotilolo, dilakukan oleh pemangku adat U Duluwo Limo Lo Pohalaa (Dewan Adat dari Lima Negeri Adat Gorontalo) yang diiringi tari Longgo, sebelum tamu atau pejabat negara masuk ke ruang VIP terminal lama Bandara Djalaludin dan mengikuti proses penyerahan persembahan adat, pengucapan petuah adat.

Prosesi adat Mopotilolo ditutup dengan pembacaan doa untuk memohon keselamatan para tamu.

Selama di Gorontalo, Menteri PPN/Bappenas Suharso Monoarfa akan menghadiri beberapa agenda yang sudah disiapkan pemerintah provinsi Gorontalo, termasuk diantaranya agenda tatap muka dengan 2.500 masyarakat dan pegawai pemerintah.

Suharso Monoarfa, termasuk salah satu putra Gorontalo yang memiliki karir politik yang sangat baik di tingkat nasional. Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini, pernah dipercaya menduduki posisi strategis di pemerintahan nasioan.

Ia pernah menjabat sebagai Menteri Perumahan Rakyat di Kabinet Indonesia Bersatu II. Sebelum dipercaya menjadi Menteri PPN/Bappenas, Suharso adalah Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres).(hms/pmprv/habari.id)

Baca berita kami lainnya di

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.