Adnan Entengo Apresiasi Tagana Gorontalo atas Kontribusi dalam Misi Kemanusiaan

oleh
banner 468x60

HABARI.ID, DINSOS | Penghargaan ini diberikan bertepatan dengan puncak perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Tagana ke-20 yang berlangsung di Aceh Utara, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, dari tanggal 10 hingga 29 Mei 2024.

Tagana Provinsi Gorontalo menerima penghargaan bergengsi dari Kementerian Sosial Republik Indonesia. Penghargaan ini diberikan sebagai pengakuan atas kontribusi besar mereka dalam berbagai misi kemanusiaan, termasuk penanganan bencana alam erupsi Gunung Ruang di Provinsi Sulawesi Utara.

banner 468x60

Tagana Gorontalo telah lama dikenal sebagai salah satu garda terdepan dalam penanganan bencana di Indonesia. Dalam beberapa tahun terakhir, mereka telah berpartisipasi aktif dalam berbagai operasi penyelamatan dan bantuan kemanusiaan, baik di tingkat lokal maupun nasional.

Salah satu misi penting yang menonjol adalah keterlibatan mereka dalam penanganan bencana erupsi Gunung Ruang di Sulawesi Utara yang menyebabkan kerusakan signifikan dan mengharuskan evakuasi ratusan penduduk di Sulawesi Utara.

Kementerian Sosial Republik Indonesia memberikan piagam penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi atas dedikasi dan kerja keras Tagana Provinsi Gorontalo. Penghargaan tersebut diserahkan bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Tagana ke-20 yang berlangsung di Aceh Utara, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, dari tanggal 10 hingga 29 Mei 2024.

Kontribusi Tagana pun mendapat apresiasi dari Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Gorontalo Adnan Entengo. Ia menyampaikan bahwa penghargaan ini adalah bukti nyata dari kerja keras dan solidaritas yang telah ditunjukkan oleh Tagana Gorontalo dalam berbagai situasi darurat.

“Saya sangat mengapresiasi penghargaan ini dan soliditas teman-teman Tagana. Kita berharap penghargaan ini akan terus memacu semangat kita untuk terus berkontribusi bagi kemanusiaan di masa depan, dan juga bisa menjadi motivasi bagi semua pihak untuk terus mendukung kegiatan-kegiatan kemanusiaan dan siap siaga dalam menghadapi berbagai bencana,” jelas Adnan Entengo.

banner 468x60

Sebelumnya, Kepala Dinas Sosial Provinsi Gorontalo Sagita Wartabone menyampaikan rasa syukur atas penghargaan ini dan menekankan pentingnya peran Tagana Provinsi Gorontalo dalam membantu masyarakat yang terdampak bencana.

“Keterlibatan Tagana Provinsi Gorontalo dalam misi kemanusiaan ini sangat penting, terutama dalam membantu masyarakat yang terdampak erupsi Gunung Ruang beberapa waktu lalu,” ungkap Sagita.

Dalam misi kemanusiaan tersebut, dua regu Tagana Provinsi Gorontalo dikirimkan ke Sulawesi Utara, untuk bertugas di dapur umum. Mereka bertanggung jawab menyediakan makanan bagi para korban erupsi yang tersebar di beberapa wilayah di Sulawesi Utara. Upaya ini dilakukan secara bertahap sesuai permintaan dari Kementerian Sosial RI.

Penghargaan juga diberikan kepada Tagana Provinsi Gorontalo atas peran dan kontribusi mereka dalam upaya peningkatan kapasitas personil Tagana dalam penanganan korban bencana. (dik/habari.id)

Baca berita kami lainnya di


banner 468x60