Penjagub Rudy Minta Kualitas Pengukuran Anak Tengkes Ditingkatkan

oleh
banner 468x60

HABARI.ID, PEMPROV | Penjabat Gubernur (Pj. Gubernur) Gorontalo Rudy Salahuddin meminta kualitas pengukuran anak tengkes (stunting) lebih ditingkatkan. Ia menilai secara kuantitas capaian target pengukuran sudah tinggi, namun kualitas hasil pengukurannya yang masih kurang.

“Tingkat pengukuran itu sudah hampir mencapai target, namun saya minta kepada bapak-ibu sekalian, jangan hanya jumlahnya yang kita mencapai target. Tapi kualitas pengukurannya itu juga harus kita perbaiki. Sehingga nanti kualitas perbaikan dari pengukuran ini bisa jadi acuan anak-anak bisa terbebas dari stunting,” kata Rudy saat menutup Rapat Persiapan Intervensi Serentak Pencegahan Tengkes (stunting) tingkat Provinsi Gorontalo, bertempat di Hotel Aston, Rabu (29/05/2024).

banner 468x60

Ia menilai adalah permasalahan mendasar terkait perbedaan indikator penilaian angka stunting di daerah. Di satu sisi, hasil pengukuran Elektronik Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat (EPPGBM) menunjukkan tengkes Gorontalo di angka 6,2 persen.

Di sisi yang lain, data Survei Status Gizi Indonesia menyebut angka tengkes di Gorontalo sebesar 26,9 persen. Ada perbedaan signifikan antara keduanya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Anang S. Otoluwa turut menekankan pentingnya kualitas pengukuran. Ia meminta peran seluruh stakeholder untuk bersama-sama menyeriusi penanganan tengkes. (edm/habari.id)

Baca berita kami lainnya di


banner 468x60