Menjaga Indonesia

Wujudkan Pilkada Damai, Pemuda Harus Melek Politik

HABARI.ID I Berbagai elemen, terutama di daerah-daerah yang menyelenggarakan Pilkada, terus menyerukan Pilkada Damai.

Upaya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat di Pilkada Serentak 2020 terus dilakukan dengan membangun kesadaran politik dan menuntun masyarakat agar melek politik (literasi politik).

“Tapi di masa pandemi ini, kegembiraan berdemokrasi kita, perlu diikuti dengan sikap patuh terhadap protokol kesehatan …,”

“Sikap patuh yang dilakukan secara sadar, akan menjadi senjata ampuh dalam menekan penyebaran COVID-19,” kata Rahman Halid dari Forum Pemuda Gorontalo Bersatu, Jum’at (27/11/2020) malam.

Mewujudkan Pilkada damai, harmonis dan aman dari penyebaran COVID-19, kata Rahmat, juga harus diikuti dengan kesadaran kritis masyarakat.

“Masyarakat tak boleh terpengaruh dengan isu-isu yang dapat memecah belah bangsa. Kita perlu merapatkan barisan, menguatkan persatuan dan kesatuan kita dengan tetap menjaga kondusifitas. Daerah kita harus aman,” ungkap Rahman.

Pilkada damai, kata Rahman, bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah dan penyelenggara Pemilu. Tetapi juga menjadi tanggung jawab semua komponen masyarakat.

“Sebagai pemuda, saya ingin mengajak generasi muda lainnya untuk menjadi bagian dari entitas masyarakat yang melek politik, yang tidak mudah terpengaruh dengan isu radikal yang hanya memecah belah…,”

“Partisipasi kita di Pilkada 9 Desember nanti, akan sangat menentukan lahirnya pemimpin-pemimpin yang amanah, yang mampu membawa dan menjadikan negeri ini lebih baik dari sebelumnya,” kata Rahman.(fp/habari.id)