Menjaga Indonesia

Vaksin Covid-19 Masih Menunggu Uji Klinis

HABARI.ID I Vaksin Covid-19 masih menunggu hasil uji klinis tahap tiga, begitu kata Juru Bicara Satgas Covid-19 Provinsi Gorontalo, dr. Triyanto Bialangi Kamis (10/12/2020).

Vaksin Covid-19 tersebut kata Triyanto sebanyak 1,2 juta, dan penerimanya ada lima daerah. Informasi dilansir habari.id dari Kemenkes RI, obat penawar Corona ini telah tiba Minggu (06/12/2020) malam.

Pengirimannya menggunakan pesawat carter kargo khusus, dengan menempuh rute Beijing – Jakarta.“Sebanyak 1,2 juta vaksin yang tiba di Indonesia, dan masih menunggu hasil dari uji klinis ketiga …”

“Setelah lolos uji klinis, akan masuk kepada izin dari BPOM dan kehalalan dari MUI,” ujar Triyanto.

Jika sudah melalui berbagai proses tersebut, maka Pemerintah Pusat akan menyalurkan penawar Covid-19 ini ke daerah.

“Sasarannya itu ada lima, pertama tenaga kesehatan, garda terdepan yakni TNI, Polri dan petugas lapangan ….”

“Selanjutnya kontak erat, masyarakat yang produktif dari usia 18 sampai 59 tahun, seluruh aparat desa hingga tingkat yang tertinggi …”

“Dan seluruh tenaga pengajar baik itu guru tingka SD, SMP sampai SMA sederajat,”jelas Triyanto.

Pemerintah Provinsi Gorontalo sangat menyambut baik pengadaan vaksin oleh Pemerintah Pusat, karena program ini sangat penting untuk masyarakat.

Tidak hanya itu Pemerintah Provinsi khususnya Satgas Covid-19, sangat bangga jika Gorontalo sebagai daerah suplai pertama vaksin.

“Pemerintah Daerah sangat mendukung program prioritas Nasional ini. Dan akan lebih bangga jika Gorontalo sebagai daerah pertama penyaluran vaksin,” pungkasnya.(dik/habari.di).