Menjaga Indonesia

Urus SIKM Melalui Kantor Perwakilan Pemprov Gorontalo di Makassar dan Jakarta Gratis dan Cepat

HABARI.ID I Pengurusan SIKM (Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) Provinsi Gorontalo, tidak hanya digratiskan bagi masyarakat yang berada di daerah. Tetapi mereka yang ada di luar daerah dengan tujuan Gorontalo pun diberikan gratis, oleh Kantor Perwakilan Pemprov (Pemerintah Provinsi) Gorontalo di Makassar.

Kata Mohamad Agung Sugiarto S.Pi, pelaksana tugas Kasubid Penghubung Pemprov Gorontalo di Makassar Minggu (28/06/2020), pengurusan SIKM gratis ini wujud pelayanan kepada masyarakat Gorontalo dan luar daerah yang berpergian ke Gorontalo.

“Sejak Kamis (17/06/2020) daerah mensosialisasikan tentang pengurusan SIKM bagi warga yang mau berpergian, kami sebagai perwakilan Pemprov Gorontalo di Makassar melakukan kegiatan tersebut …”

“Sosialisasi ini dalam rangka membantu dan mempermudah masyarakat baik Gorontalo dan luar daerah, melakukan perjalanan ke Gorontalo menggunakan maskapa penerbangan,” ujar Agung.

Dia ceritakan awal penerapan aturan tersebut, masih banyak masyarakat kurang paham. Sehingga pihaknya pun berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Gorontalo di daerah, Angkasa Pura di Jakarta dan pihak Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, untuk sosialisasi.

Surat Izin Keluar dan Masuk Gorontalo, diperlihatkan Plt Kasubid Penghubung Pemprov Gorontalo di Makassar.

“Sosialisasi ini juga mencegah terjadinya penumpukan penumpang. Awalnya masih banyak yang kurang mengerti dan paham dengan aturan ini, namun setelah kami berkoordinasi dengan pihak terkait, sosialisasi pun berjalan dengan lancar sehingga masyarakat mudah melakukan perjalanan,” jelas Agung.

Tidak hanya itu tambah Agung, pengurusan SIKM ini tidak membutuhkan waktu lama, pengunduhan aplikasi melalui playstore Hand Phone hanya 5 menti, jika dihitung sekitar 20 menit penumpang sudah bisa memiliki surat izin tersebut.

“Pengurusan surat izin ini dilakukan secara online, sehingga masyarakat mudah dan cepat memilikinya. Bagi generasi muda, kami hanya menyerahkan selebaran proses pengurusan surat izin. Sementara yang sudah lanjut usia, kami bantu melakukan pengurusan izin …”

“Tugas pelayanan kepada masyarakat ini, bagian dari perhatian Gubernur Gorontalo Rusli Habibie kepada semua masyarakat, yang ingin melakukan perjalanan ke Gorontalo,” terang Agung.

Dari data yang dimiliki Kantor Perwakilan Pemerintah Provinsi Gorontalo, penumpang luar daerah melakukan penerbangan ke Gorontalo, rata-rata adalah pekerja serta hanya melintas di Gorontalo.

Dr. Abdul Gaffar Latjoke, Rektor Universitas Ichsan Gorontalo, saat dilayani dalam pembuatan surat izin keluar dan masuk Gorontalo.

“Penumpang yang menuju ke Gorontalo melalui maskapai penerbangan, itu rata-rata pekerja bangunan serta masyarakat dari daerah seperti Bolaang Mongondow Selatan dari luar daerah menuju daerah asal mereka melalui jalur Gorontalo,” ungkap Agung.

Sementara itu Dr. Abdul Gaffar Latjoke, Rektor Universitas Ichsan Gorontalo juga penumpang salah satu maskapai penerbangan akui, pelayanan yang diberikan Kantor Perwakilan Pemeritah Provinsi Gorontalo sangat baik bagi penumpang untuk mengurus SIKM.

“Saya sebagai penumpang sangat merasa terbantu dengan pelayanan yang diberikan petugas dari Kantor Perwakilan Pemerintah Provinsi Gorontalo, untuk mengurus surat izin keluar masuk wilayah ini …”

“Saya difasilitasi dengan sepenuhya, diberikan petunjuk dalam pengurusan surat izin, dan tidak susah serta cepat mengurusnya. Dari waktu yang ada, saya masih memiliki sisa waktu untuk bersantai usai melakukan pengurusan izin,” ucap Gaffar.(bink/habari.id).