Menjaga Indonesia

UPTD Labkesda Provinsi Hadirkan Layanan Berkualitas

HABARI.ID I UPTD Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Provinsi Gorontalo kini bertekad menghadirkan layanan profesional dan berkualitas.

Laboratorium kebanggaan Pemerintah Provinsi Gorontalo yang beralamat di jalan Taman Anggrek 1, Kelurahan Dembe II, Kecamatan Kota Utara, Kota Gorontalo ini memiliki 2 jenis layanan, yakni pemeriksaan laboratorium klinik dan layanan pemeriksaan laboratorium kesehatan masyarakat.

Untuk layanan pemeriksaan laboratorium klinik sendiri meliputi pemeriksaan hematologi (darah lengkap) yaitu Hb, leukosit, hitung jenis leukosit, trombosit, hematokrit hingga LED.

Kepala Seksi Pelayanan Pemeriksaan Laboratorium Klinik, Maryam Satantabang mengatakan, fungsi utama pemeriksaan darah lengkap adalah untuk mengetahui apakah ada anemia, infeksi dan peradangan dalam tubuh serta alergi.

Selain itu, ada juga pemeriksaan kimia klinik seperti gula darah, kolesterol lengkap (kolesterol total, HDL, LDL, Trigliserida), asam urat, hati (SGOT, SGPT), ginjal (ureum creatinine) serta pemeriksaan urinalisa (urin lengkap) dan pemeriksaan imunoserologi (Widal, malaria, HBsAg dan golongan darah).

Pemeriksaan laboratorium yang dilakukan adalah untuk melakukan screening suatu penyakit, menunjang diagnosa penyakit, memantau pengobatan atau untuk melakukan follow up terapi.

Soal SDM, pemeriksaan di UPTD Labkesda Provinsi Gorontalo pun telah diisi dengan tenaga yang berkompeten dan profesional di bidangnya.

Khusus di laboratorium klinik, terdapat dokter penanggung jawab laboratorium yaitu dokter spesialis patologi klinik, dokter umum, analis, perawat dan tenaga penunjang lainnya.

“Apabila ada pasien yang ingin datang untuk berkonsultasi atau pasien yang datang tanpa surat pengantar, bisa melakukan konsultasi dengan dokter yang ada di laboratorium untuk mengetahui jenis pemeriksaan laboratorium yang dibutuhkan,” kata Maryam.

Namun demikian, Maryam mengingatkan agar sebelum melakukan pemeriksaan, pentingnya calon konsumen mengetahui persiapan sebelumnya, karena ada pemeriksaan yang membutuhkan persiapan. Pemeriksaan tersebut di antaranya pemeriksaan glukosa darah, profil lemak darah, asam urat dan lain-lain.

“Misalnya, pasien yang tidak berpuasa sesuai dengan anjuran akan menyebabkan hasil pemeriksaan tidak akurat karena hasil tersebut dipengaruhi oleh makanan dan minuman yang dikonsumsi,” tambah Maryam.

Untuk pemeriksaan glukosa, pasien wajib berpuasa selama 8 jam sebelum dilakukan pemeriksaan laboratorium. Dan untuk pemeriksaan profil lemak darah, harus berpuasa minimal 10-12 jam.

Pasien yang sedang berpuasa pun tidak diperkenankan untuk merokok. Dan apabila telah mengkonsumsi obat, harus dilaporkan kepada petugas sebelum diambil darahnya karena obat akan dapat mempengaruhi hasil pemeriksaan.

“Pasien juga wajib minum air putih yang cukup. Tubuh yang cukup air akan mendapatkan hasil pemeriksaan yang maksimal,” ujar Maryam.

Bagi masyarakat Gorontalo yang akan memeriksakan diri ke Labkesda disarankan untuk memeriksakan diri pada pukul 08.00-09.00 Wita. Alasannya, pagi hari merupakan keadaan terbaik tubuh sebab beristirahat secara maksimal pada malam hari.

Masyarakat Gorontalo pun diharapkan dapat melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala di Labkesda Provinsi Gorontalo karena biayanya sangat terjangkau untuk semua lapisan masyarakat.(rls).