Menjaga Indonesia

Public Figure Sebaiknya Punya Akun Medsos Berlencana Biru

HABARI.ID I Sebaiknya public figure punya akun verified, jika ingin menjadikan media sosial (medsos), semisal Facebook, sebagai pilihan untuk membangun komunikasi dengan orang banyak di dunia maya.

Saran ini disampaikan Rizky Ibrahim, salah satu pegiat IT, menanggapi pemberitaan di media daring tentang akun FB (akun palsu) yang mengatasnamakan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie.

Berita Terkait: Identitas Pembuat Akun Palsu Atas Nama Gubernur Sudah Diketahui Polisi

“Hampir rata-rata media sosial, termasuk Facebook punya layanan akun verified yang ditandai dengan Lencana Biru (logo centang yang ada dalam lingkaran biru) …,”

“Akun yang sudah memiliki lencana biru, menandakan bahwa halaman Facebook telah mengonfirmasi keaslian akun, baik akun milik seorang tokoh, baik pejabat, politisi, artis serta sebuah merek,” kata Rizky.

Untuk mendapatkan lencana biru atau proses verifikasi akun ini, kata Rizky dapat dilacak melalui panduan.

“Di situ (panduan mendapatkan lencana biru), juga memberitahukan beberapa syarat dan data diri yang harus disertakan saat akun akan diverifikasi,” kata alumnus IT Politeknik Gorontalo ini.

Akun facebook yang telah terverifikasi milik public figure, kata Rizky, juga menandakan bahwa semua postingan dan aktivitas lainnya bisa dipertanggungjawabkan.

“Melakukan aktivitas di dunia akan lebih leluasan jika akunnya sudah terverifikasi. Makanya, sudah banyak public figure yang punya akun verified,” kata pegiat IT yang juga menangani verifikasi akun milik salah satu perusahaan Pers di Gorontalo ini.(fp/habari.id)