Menjaga Indonesia

Terobos Perbatasan, 11 Pemudik Diamankan Koramil Atinggola

HABARI.ID I 11 orang pemudik yang teridentifikasi berasal dari Bitung, Sulawesi Utara, diamankan anggota Koramil 1314-07 Atinggola dan Gugus Tugas. Mereka diamankan petugas karena menerobos perbatasan melalui jalur laut, Rabu (13/05/2020).

11 orang pemudik ini bertolak dari Bitung menuju Gorontalo. Mereka sempat dipulangkan setelah sebelumnya masuk lewat pintu perbatasan.

Untuk mengelabui petugas mereka berputar balik menuju Pantai Buko, tepatnya di Desa Buko, Kecamatan Pinogaluman, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut).

Mereka menyeberang perbatasan dengan menyewa perahu dan mendarat di Pantai Minanga, Desa Kotajin Utara, Kabupaten Gorontalo Utara.

Personil anggota intel Kodim 1314-07 Gorut mendapat informasi tentang keberadaan 11 orang tersebut, langsung melakukan koordinasi dengan petugas pos gugus, lalu bergegas menuju pantai Minanga.

“Iya, memang benar telah diamankan 11 orang pemudik dan saya memerintahkan anggota Koramil Atinggola yang ada di pos gugus perbatasan utnuk segera mengawal dan mengembalikan penumpang berjumlah 11 orang tersebut,” jelas Dandim 1314 Gorut, Letkol Arm. Firstya Andrean Gitrias sebagaimana yang dilansir gopos.id.

Ia menjelaskan, bahwa saat itu dirinya juga memerintahkan anggota yang berjaga di pos gugus agar memastikan mereka benar-benar kembali di daerah asal.

“Jadi, sampai mereka disuruh balik, petugas tetap mengawalnya guna memastikan bahwa pemudik itu benar-benar balik ke daerahnya,” katanya.

Tindakan yang dilakukan aparat ini, masih menjadi bagian dari adanya pelarangan mudik. Larangan mudik, menjadi salah satu upaya untuk memutus rantai penyebaran Covid-19.(fp/habari.id)