Menjaga Indonesia

Rentan Tertular Covid-19, Nelson: Tenaga Medis Harus Dilindungi

HABARI.ID I Tenaga medis termasuk unsur yang paling rentan tertular virus Corona. Ada banyak kemungkinan yang bisa menyebabkan mereka terjangkit meski saat menjalankan tugas mereka dilengkapi dengan alat pelindung diri.

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo memberi apresiasi yang sangat tinggi atas kerja-kerja kemanusiaan yang dilakukan tenaga medis. Sehingganya mereka harus dilindungi. Sehingganya pendeteksian lebih awal terhadap kondisi kesehatan dokter dan perawat, menjadi sangat penting.

“Tenaga medis harus benar-benar kita dijaga kondisi kesehatannya. Dokter, perawat dan pekerja medis lainnya adalah ujung tombak kita dalam penanganan Covid-19 …,”

“Mulai hari ini, kita akan lakukan pengecekan terhadap kondisi kesehatan pekerja medis. Memastikan mereka benar-benar fit saat menjalankan tugas, termasuk mengecek kondisi kesehatan mereka dengan rapid test,” kata Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo.

Baca Juga: 12 Ribu Rapid Test Mulai Didistribusi Ke Kabupaten/Kota

Saat melakukan kunjungan pengecekan kesiapan RS MM Dunda Limboto, Senin (20/04/2020), Bupati Nelson mengungkapkan bahwa dia tidak ingin ada dokter dan perawat yang tertular Covid-19 sebagaimana yang terjadi di daerah lain.

Sehingganya, selain membekali tenaga medis dengan APD, pengecekan kesehatan dokter dan perawat juga penting.

“Kita menginginkan agar tenaga medis kita benar-benar terlindungi. Pastikan kondisi kesehatannya baik saat menjalankan tugas. Apa pun kondisi mereka setelah dicek kesehatannya, prosedur dan protokol kesehatan tetap akan dijalani,” kata Nelson.

Selain dokter dan perawat, orang-orang yang terlibat dalam pelayanan publik, juga akan dicek kondisi kesehatannya dengan menggunakan rapid test, termasuk Camat dan Kepala Desa.(dwi/habari.id)