Menjaga Indonesia

12 Ribu Rapid Test Mulai Didistribusi ke Kabupaten/Kota

HABARI.ID I 12 Ribu pcs rapid test mulai didistribusi ke kabupaten/kota. Penyerahan secara simbolis dilakukan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, kepada 5 pemerintah daerah kabupaten/kota, di rumah rumah jabatan Gubernur, Kamis (26/04/2020).

Dari 12 ribu pcs rapid test ini, masing-masing daerah mendapatkan 2000 pcs yang sepenuhnya mengidentifikasi Covid-19.

Untuk Kabupaten Pohuwato sudah diserahkan lebih dulu pada beberapa hari lalu di Sekretariat Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Provinsi Gorontalo.

Gubernur Rusli Habibie yang juga Ketua GTPP Covid-19 menjelaskan, Pemprov Gorontalo menerima bantuan rapid test sebanyak 7.200 buah dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Pemprov Gorontalo juga sudah memesan rapid test sebanyak 30.000 buah dengan anggaran sebesar Rp. 11 Miliar.

“Barangnya sudah tiba di Provinsi Gorontalo dengan anggaran kurang lebih Rp. 11 Miliar. Untuk Pohuwato sudah lebih dahulu kita serahkan,” ujar Rusli.

Bantuan yang diserahkan Pemprov Gorontalo itu mendapat apresiasi dari Pemerintah Kabupaten/Kota. Sekretaris Daerah Kabupaten Gorontalo Utara, Ridwan Yasin menyampaikan terima kasih atas bantuan Pemprov tersebut.

Menurutnya bantuan ini akan membantu mempercepat pendeteksian awal Covid-19 di daerah.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara mengucapkan terima kasih kepada bapak Gubernur yang telah memberikan bantuan ini. Ini sangat membantu meringankan beban kami,” kata Ridwan Yasin.(rls/fp/habari.id)