Menjaga Indonesia

Sirkuit Sang Profesor Bakal Jadi Arena Kejurnas Balap Motor

HABARI.ID I Sirkuit Sang Profesor Limboto mulai dilirik, dan bakal dijadikan sebagai arena event Kejuaraan Nasional (Kejurnas) balap motor. Kejurnas yang diprakarsai Ikatan Motor Indonesia (IMI) ini diagendakan Juli mendatang.

Informasi ini disambut positif Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo. Hal-hal prinsip yang bisa menjadikan sirkuit ini benar-benar layak sebagai arena Kejurnas, akan disiapkan dan dibenahi.

“Saya minta kepada IMI dan Dispora serta unsur dari Pusat, untuk menilai sekaligus melengkapi hal-hal yang masih dianggap kurang di sirkuit ini …,”

“Pemerintah akan mendukung pembenahan fasilitas yang kelak bisa melahirkan generasi muda berprestasi di bidang ini,” ungkap Bupati Nelson Pomalingo.

Baginya, dengan masuknya sirkuit ini sebagai salah satu sirkuit untuk Kejurnas, akan membantu memotivasi prestasi kalangan generasi muda.

“Banyak bibit pembalap kita yang bagus-bagus. Fasilitas ini harus dikembangkan sesuai standar agar bakat anak muda kita bisa tersalurkan …,”

“tentu saja anak-anak kita akan jadi profesional dalam bidang ini, ketimbang mereka harus balapan liar di jalanan yang beresiko itu,” kata Nelson usai menutup turnamen balap motor yang digelar serangkaian dengan 4 tahun kepemimpinannya di kabupaten Gorontalo, Minggu (23/02/2020).

Sementara itu, Komisi Balap Motor IMI Pusat, Multazam, mengapresiasi dukungan pemerintah daerah dalam mendorong olahraga balap motor ini.

Untuk menjadikan sirkuit Sang Profesor ini benar-benar layak, kata Multazam pembenahan harus fokus pada hal-hal yang menyangkut keamanan bagi para rider dan juga fasilitas untuk penonton.

“Sirkuitnya sudah bagus. Tapi pada beberapa titik masih harus diperbaiki, termasuk tempat duduk, ataupun tribun bagi penonton,” jelasnya.

Kejurnas balap yang akan dilaksanakan pada bulan Juni dan Juli 2020 nanti, kata Multazam, Gorontalo akan dijadwalkan menjadi tuan rumah pada babak ketiga, diantara 5 babak balapan Kejurnas yang akan berlangsung di beberapa daerah lainnya, seperti Maluku Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Selatan.

Event Kejuaraan Balap Motor tingkat provinsi yang digelar Minggu (23/02/2020), diikuti oleh kurang lebih 200 peserta.(dwi/habari.id)