Menjaga Indonesia

Taklukkan Jalanan Terjal Lembah Sulawesi

HABARI.ID I Etape II touring Jelajah Wilayah Sulawesi (JWS) 2020 yang start mulai dari Rantepao, Toraja Utara, Sulawesi Selatan l, berakhir di Tentena, Poso, Sulawesi Tengah, Minggu (23/02/2020).

Jarak tempuh sejauh 378 kilometer dengan medan yang lumayan berat itu, diselesaikan dalam tempo 12 jam. Kurang lebih 8 jam waktu yang dibutuhkan hanya untuk menaklukkan jalanan terjal, menanjak dan menikung tajam.

Jalur yang terjal mulai dilalui saat rombongan  bergerak dari Toraja Utara menuju Palopo.

Kondisi jalan yang berliku-liku, dan kemudian menurun, jelas menuntut kewaspadaan tinggi. Belum lagi badan jalan yang sempit, membuat laju kendaraan  hanya bisa digeber dengan kecepatan maksimal  60 km/jam.

Memasuki Kota Palopo, track lurus dan rata membuat perserta rombongan touring JWS 2020 kembali bisa menginjak pedal gas lebih dalam dari sebelumnya. Perjalanan terus melibas track lurus melintasi Masamba, Luwu Utara.

Selanjutnya memasuki wilayah Mangkutana, Luwu Timur, rombongan touring JWS 2020 kembali disuguhi jalanan berliku-liku plus menanjak dan  menurun.

Kondisi jalan tersebut dijumpai hingga memasuki Kelurahan Tentena, Poso.

Sebelumnya saat memasuki perbatasan Sulawesi Selatan-Sulawesi Tengah rombongan disambut dengat adat Pekasewengan yang berarti adat kebersamaan.

Gubernur Rusli dan Istri Idah Syahidah diberikan topi adat atau Siga dan pengalungan syal dan adat lainnya secara simbolis, sebagaimana dilansir gopos.id.

Kedatangan peserta tour disambut hangat oleh Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri dan jajarannya. Turut menyambut pula warga Kerukunan Keluarga Indonesia Gorontalo (KKIG) Sulawesi Tengah. [foto_istimewa]

Pukul 20.30 WITA rombongan akhirnya tiba di Resort Danau Poso. Kedatangan peserta tour disambut hangat oleh Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri dan jajarannya. Turut menyambut pula warga Kerukunan Keluarga Indonesia Gorontalo (KKIG) Sulawesi Tengah.

“Kami atas nama pemerintah daerah bersama masyarakat Poso, mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya. Ini sangat berkesan luar biasa bagi kami. Terima kasih sekali lagi untuk semua yang sudah berkenan hadir,” ucap Samsuri.

Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie, mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Poso. Ia juga menitipkan warganya yang telah tinggal dan menetap di Poso kepada jajaran pemkab Poso.(rls/fp/habari.id)