Menjaga Indonesia

Dinilai Peduli Seni-Budaya, Seniman Jaranan Kecamatan Pule Dukung Ipin-Syah

HABARI.ID, TRENGGALEK I Sejumlah seniman Jaranan di kecamatan Pule, kabupaten Trenggalek   menyampaikan dukungannya kepada Paslon Ipin-Syah.

Dukungan itu diberikan karena Ipin-Syah dinilai memiliki komitmen pengembangan seni-budaya. Apalagi Trenggalek memiliki keberagaman seni dan budaya.

Ketua Paguyuban Seni Jaranan “Nolo Joyo”  Desa Pakel, Kecamatan Pule, Dwi Sucipto mengatakan, seni-budaya adalah bagian tak terpisahkan dari Trenggalek. Selama ini seni dan budaya telah mendapatkan perhatian serius dari pemerintah daerah kabupaten Trenggalek.

Seniman Jaranan
Pentas Jaranan “Nolo Joyo” Desa Pakel, Selasa 24/11/2020).[foto_istimewa]
“Berkat pengembangan seni budaya yang dilakukan selama ini, sekarang banyak tumbuh sanggar-sanggar seni dan seniman Jaranan di Trenggalek …,”

“Ini menunjukkan masyarakat Trenggalek telah percaya diri dengan seni dan budayanya,” katanya saat bertemu Fatihatur Rohmah yang mendampingi suaminya Syah Natanegara, Selasa (24/11/2020)

Dia menambahkan, pengembangan seni budaya juga membawa dampak positif bagi ekonomi para seniman Jaranan. Banyak seniman-seniman Trenggalek yang tampil di luar Trenggalek

Tidak hanya itu, di kabupaten Trenggalek setiap tahun diadakan Festival Jaranan terbuka dengan tujuan untuk melestarikan budaya kearifan lokal menjadi daya tarik wisata daerah.

Selain itu, dimasa pandemi khususnya saat memulai era new normal, para pelaku seni tetap diberi ruang untuk pentas dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Perhatian kepada seni budaya ini harus berkesinambungan, sehingga kami kompak mendukung Ipin-Syah,” tegas Dwi Sucipto.

Selain bertemu paguyuban seni, di Desa. Pakel, bunda Fatik juga mengunjungi posko relawan di kecamatan Pule untuk menyapa masyarakat melalui virtual, Relawan Ipin-Syah di kecamatan Pule ini secara swadaya mendirikan posko pemenangan.

Bunda Fatik mengapresiasi para relawan dan pendukung yang terus semangat mendukung Ipin-Syah. Dia mengajak pada relawan dan pendukung untuk selalu melakukan kampanye yang santun, tanpa menyebarkan kebencian, fitnah, dan hoaks.

“Mari jadikan Pilkada Trenggalek sebagai pesta demokrasi yang sejuk dan menyenangkan,” ungkapnya.(Sar/habari.id)