Menjaga Indonesia

Rusli Jabat Ketua Dunia Melayu Dunia Islam

HABARI.ID I Jabatan Ketua Dunia Melayu Dunia Islam atau DMDI Provinsi Gorontalo, diamanahkan kepada Gubernur Gorontalo Rusli Habibie Kamis (29/10/2020). Setelah dirinya dianugerahi gelar Datuk Sri, oleh Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru.

Jabatan Ketua kini diemban Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, merupakan jabatan organisasi warga etnis melayu, yang tersebar di 20 daerah di Tanah Air.

Keakraban antara Gubernur Gorontalo Rusli Habibie dengan Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru, tidak perlu ditanyakan lagi. Bahkan Guberur Rusli sendiri, dipanggil dengan spaan ‘Abang’ oleh Gubernur Sumatera Selatan.

“Malam ini terakhir saya manggil ‘Abang’, Karena besok Abang sudah punya gelar Datuk Sri …”

“Saya sebagai ketua DMDI Nasional, menginginkan Abang untuk menjadi ketua DMDI Gorontalo dan berkontribusi untuk melayu dan dunia Islam,” ujar Gubernur Sumsel Herman Deru.

Kegiatan penyambutan Gubernur Gorontalo bersama sang istri tersebut, juga diikuti oleh JK Merah Putih Community di Griya Agung, Kota Palembang.

Ketokohan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, menjadi salah satu penilaian dirinya dipilih sebagai Ketua DMDI. Apalagi daerah yang dipimpinnya, memiliki populasi warga muslim terbesar dengan persentase sekitar 97 persen.

“Malam ini secara simbolis saya serahkan. Saya minta Abang bukan saja jadi ketua DMDI Provinsi, tapi juga jadi koordinator DMDI regional Sulawesi,” imbuh mantan Bupati OKU dua periode itu.

Sementara itu, Gubernur Rusli mengaku sangat terhormat mendapat gelar Datuk Sri, dan berkomitmen mengembangkan budaya melayu yang identik dengan dunia Islam.

“Gorontalo sebagai daerah berpenduduk muslim juga memiliki budaya yang mirip dengan Melayu …”

“Jika di Padang Sumatera Barat ada falsafah adat bersendikan sara dan sara bersendikan kitabullah, maka di Gorontalo juga sama,” jelasnya.(bink/habari.id).