Menjaga Indonesia

Rp 17,5 Miliar Untuk Pembangunan Jembatan Molintogupo

HABARI.ID I Pembangunan Jembatan Molintogupo terus diseriusi Pemerintah Provinsi Gorontalo, dengan anggaran Rp 17,5 miliar.

Jembatan Molintogupo yang menghubungkan Kecamata Suwawa Tengah dan Selatan ini, kata Kepala Dinas PUPR Handoyo, pembangunannya menggunakan anggaran APBD tahun 2020.

“PT. Anhal Abadi Bersama sebagai pelaksana pembangunan Jembatan Molintogupo, kontraknya 30 April sampai 29 November 2020 …”

“Saat ini kegiatan di lapangan masih taraf pekerjaan, persiapan berupa pemeriksaan tanah dan pembuatan jembatan darurat,” ujar Handoyo.

Dia jelaskan, ada banjir atau tidak, traget pembangunan jembatan ini sudah menjadi prioritas utama Pemerintah Provinsi Gorontalo.

Bahkan dirinya memastikan, infrastruktur juga menjadi akses masyarakat ini kedepannya akan labih kokoh kedepan.

Saat ini rangka baja sedang di pabrikasi di Jakarta. Abutment atau pangkal jembatan dibuat lebih kuat untuk menahan beban muatan yang lebih berat.

“Sejak tahun 2012 ruas jalan itu sudah dialihkan menjadi milik pemerintah provinsi. Jembatan tersebut sempat hanyut dihantam banjir tahun 2006, sehingga dibangun lagi dengan jenis jembatan baily,” tutur Handoyo.(sodik/habari.id/rls).