Menjaga Indonesia

Jumlah Bantuan Ternak Kambing Naik Mencapai 341 Ekor

HABARI.ID I Jumlah penyaluran bantuan ternak kambing kepada peternak, tahun ini naik mencapai 341 ekor, jika dibandingkan tahun 2019 hanya 231 ekor.

Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim ungkap Kamis (11/06/2020), 341 ternak kambing ini masing-masing 310 ekor berjenis kelamin betina, dan sedikitnya 31 ekor berkelamin jantan.

“Tahun ini jumlah bantuan ini meningkat menjadi 341 ekor, yang disalurkan kepada penerima manfaat di seluruh Provinsi Gorontalo,” ujar Idris.

Dia jelaskan, program yang dirintis sejak akhir tahun 2019 itu mengembangkan beberapa jenis kambing, di antaranya etawa, kaligesing, manila, dan kambing lokal.

“Di Hutadaa ini, sudah cukup maju. Kandangnya tertata baik, pemeliharaan dan perawatan kesehatan hewan juga, dilakukan secara rutin …”

“Kita inginkan nantinya tempat ini menjadi percontohan, pengembangan program di Provinsi Gorontalo,” jelas Wagub Idris Rahim.

Sementara itu Atung mengatakan, hingga saat ini jumlah kambing di peternakan sebanyak 130 ekor dan 18 ekor di antaranya kambing jenis etawa kaligesing jantan.

“Kambing jenis ini, dikenal sebagai kambing kontes yang memiliki ukuran tubuh besar dengan tinggi hingga satu meter …”

“Kami berencana pada bulan Agustus mendatang, akan menggelar kontes kambing di Gorontalo,” ungkapnya.(sodik/habari.id/rls).