Menjaga Indonesia

Pusat Layanan Kesehatan Hewan Butuh SDM Mumpuni

HABARI.ID I Pusat Layanan Kesehatan Hewan yang ada di Kabupaten Gorontalo masih membutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni, disamping fasilitas penunjang lainnya.

Membenahi fasilitas layanan kesehatan hewan ini, menurut Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo, penting untuk dilakukan mengingat pengembangan peternakan menjadi salah satu sektor prioritas yang bisa menggerakkan ekonomi masyarakat.

Dalam agenda Nomaden yang rutin dilaksanakan pemerintah Kabupaten Gorontalo, Bupati Gorontalo Nelson

Pomalingo menjelaskan peningkatan pelayanan kesehatan hewan masih terkendala pada fasilitas dan tenaga medis yang memadai.

“Gedungnya sudah ada, tapi fasilitasnya masih belum lengkap bahkan masih jauh dari memadai, maka untuk peningkatan sektor peternakan akan segera dilengkapi,” jelas Nelson Pomalingo selepas menyerahkan bantuan ternak sapi di Kecamatan Pulubala.

Sejauh ini, pusat kesehatan hewan di Kabupaten Gorontalo masih belum beroperasi secara penuh, Nelson memandang kendala urgen lainya ialah kurangnya tenaga medis yang kompeten.

“Sejauh ini dokter hewan di Gorontalo hanya 3 orang, itu sangat sedikit. Maka kita harus berupaya menciptakan SDM tersebut, memang jangka waktunya lama …,”

“Tapi jika ingin maju di semua bidang, kita harus sediakan SDMnya,” ungkap Nelson Pomalingo.

Pusat kesehatan Hewan di Kabupaten Gorontalo salah satunya terletak di kecamatan Pulubala. Kawasan kecamatan Pulubala sendiri menjadi bagian dari plan projek zona peternak yang dicanangkan oleh Nelson Pomalingo.(dwi/habari.id)