Menjaga Indonesia

Tunjang Pengembangan SDM, Bupati Serahkan Hibah untuk UMGo

HABARI.ID I Besar peran perguruan tinggi dalam pengembangan sektor pendidikan dan sumber daya manusia (SDM) di daerah.

Ini yang menjadi salah satu alasan hingga Pemerintah Kabupaten Gorontalo mengalokasikan alokasi dana hibah untuk perguruan tinggi.

Selasa (Selasa (18/20/2020), Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menyerahkan hibah kepada Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGo). Hibah senilai Rp. 500 Juta ini akan menunjang pengembangan fasilitas kampus.

“Kampus itu sumber pengetahuan. Saya bangga melihat perkembangan kampus ini. Baru 11 tahun berdiri tapi perkembangannya luar biasa,” Ungkap Bupati Nelson dalam sambutan pada acara Penyerahan Hibah tersebut.

Lanjutnya, sebagai kampus yang harus terus berkembang, dirinya berharap agar lembaga pendidikan tinggi tersebut dapat terus memberikan kontribusi bagi peningkatan mutu SDM di Kabupaten Gorontalo.

“Pengangguran kita kurang, tapi pendapatannya yang rendah. Kurangnya SDM, ini mungkin menjadi salah satu penyebabnya …,”

“Melahirkan SDM yang berkualitas, itu juga menjadi tugas dan tanggung jawab Perguruan Tinggi, disamping pemerintah daerah juga turut penyuport upaya tersebut,” ungkap Bupati.

Sementara itu, Rektor UMGo, Dr. dr. Muhammad Isman Yusuf mengapresiasi bantuan dan perhatian yang diberikan Pemerintah Kabupaten Gorontalo.

Hibah tersebut, kata Dr. Isman, akan digunakan untuk pembangunan akses jalan menuju Rektorat UMGo.

“Mudah-mudahan bantuan tersebut dapat mendorong peningkatan SDM demi mewujudkan Kabupaten Gorontalo yang Gemilang,” ungkap Dr. Isman.

Selain dana Hibah, kata Rektor, Pemerintah Kabupaten Gorontalo juga memberikan bantuan beasiswa Gemilang sebesar Rp. 250 Juta bagi Mahasiswa UMGo PGSD kelas Asparaga sebanyak 45 orang.

Hal ini menurutnya akan sangat mendukung pengembangan SDM dan memperkuat pendidikan di wilayah tersebut.

“Beasiswa itu Rp. 5 Juta perorang. Itu diberikan kepada mahasiswa UMGo PGSD yang juga guru di Asparaga. Mereka belum S1 …,”

“Dan tentu saja, dengan beasiswa ini akan sangat membantu mereka,” ungkap Isman Yusuf.(dwi/habari.id)