Menjaga Indonesia

Waspada Bencana Hidrometeorologi, Pjs Walikota Blitar Pimpin Apel Siaga

HABARI.ID, KOTA BLITAR I Pjs Walikota Blitar, Dr. Ir. Jumadi, M.MT, memimpin Apel Gabungan Kesiapsiagaan Bencana Hidrometeorologi di alun-alun Kota Blitar, Selasa (17/11/2020).

Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk memperkuat peran pemerintah daerah bersama dari TNI, Polri dalam upaya antisipasi, pencegahan dan penanggulangan bencana Hidrometeorologi. Apel ini dihadiri Kapolres Kota Blitar, AKBP Leonard Sinambella, Dandim 0808, Letkol Arh. Dian Mursiyanto.

Pjs Walikota Blitar, Ir. Jumadi dalam sambutannya berharap kepada seluruh personil yang terlibat dalam kegiatan pencegahan dan penanggulangan bencana alam ini agar benar-benar melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab serta sesuai dengan standar operasional prosedur.

“Semua personil harus tetap mengutamakan keselamatan jiwa pada saat melaksanakan tugas,” kata Jumadi.

Bencana hidrometeorologi adalah bencana yang dipengaruhi oleh faktor cuaca seperti banjir, longsor, hingga puting beliung.

Bencana hidrometeorologi sangat ditentukan dari kondisi cuaca, apalagi saat ini Indonesia memasuki musim hujan yang puncaknya diperkirakan terjadi pada Januari-Februari tahun depan.

Ditambah juga dengan fenomena La Nina yang saat ini aktif di Samudera Pasifik. La Nina akan sangat mempengaruhi peningkatan curah hujan hingga 40 persen.

Pjs Walikota Blitar juga mengimbau masyarakat agar tetap waspada perubahan cuaca mulai Desember, Januari hingga Februari tahun depan.(ADV/hms/tos/habari.id)