Menjaga Indonesia

Pentingnya Silaturahmi untuk Mengurai Distorsi Informasi

HABARI.ID I Banyak hal positif yang bisa didapatkan ketika melakukan silaturahmi. Salah satunya adalah dapat mengurai distorsi informasi.

Ini seperti yang diungkapkan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, saat menggelar silaturahmi dan makan malam bersama anggota DPRD di RM Meranti, Bone Bolango, Senin (16/11/2020).

“Acara silaturahmi seperti ini kita buat rutin dan berpindah-pindah. Di sini ada Dapil Gorut, ada Pohuwato dan lain-lain. Sehingga kebuntuan dan komunikasi yang tersumbat bisa cair …”

“Saya mohon pak Sekda, kita undang OPD terkait untuk membahas hasil reses dan aspirasi yang diserap oleh anggota DPRD,” ucap Rusli Habibie.

Sejak memimpin tahun 2012 lalu, Gubernur Rusli dikenal sebagai pemimpin yang komunikatif dan selalu mengutamakan sinergitas antar semua pihak.

Rusli dikenal dekat dengan jajaran kepala daerah kabupaten/kota, forkopimda dan instansi vertikal di daerah.

Kedekatan Rusli ini pun berdampak pada jalannya pemerintahan di Provinsi Gorontalo berlangsung dengan baik dan lancar. Ada hubungan yang harmonis antara pemerintah atau eksekutif dengan DPRD selaku legislatif.

Salah satu bukti terbarunya, Pemprov Gorontalo menjadi provinsi pertama yang menyerahkan Perda APBD 2021 ke Kemendagri, Senin (16/11/2020).

Pembahasan Ranperda APBD 2021 itu sebelumnya sempat “mogok”. Beberapa fraksi menolak membahas dan mengesahkan usulan tersebut. Belakangan, kebekuan itu mencair dengan disahkannya Ranperda APBD 2021, pekan lalu.

“Bahkan beberapa minggu lalu pak Mendagri mengirimkan WA ke saya yang salut dengan komunikasi yang terbangun bagus antara pemprov dan DPRD Gorontalo …”

“Terutama saat saya mengirimkan Perda tentang Covid-19, karena belum semua daerah membuatnya,” jelas Gubernur Rusli.(habari.id).