Menjaga Indonesia
Daerah

Penderita Covid-19 di Kabgor Menurun Drastis

HABARI.ID I Penderita Covid-19 di Kabupaten Gorontalo menurun drastis, begitu kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo, Roni Sampir Selasa (03/11/2020).

Menurunnya angka penderita Covid-19, Roni Sampir katakan dipengaruhi oleh tingginya penerapan protokol kesehatan oleh masyarakat, salah satunya memakai masker.

“Untuk Kabupaten Gorontalo data pasien covid-19 yang sembuh 834 orang. Data terakhir menunjukan, total orang yang terkonfirmasi covid-19 di Kabupaten Gorontalo sebanyak 886 orang, dengan total pasien yang masih di rawat sebanyak 25 orang …”

“Dari kurva situasi pandemi covid 19 memperlihatkan, trend penyebaran pandemi corona terus mengalami penurunan, dimana total RT hanya naik 1 sampai 3 untuk jumlah orang yang terkonfirmasi …”

“Ini berkat kesadaran kita dalam melawan pandemi covid 19, terlebih dengan adanya pergub dan hadirnya Satgas Penindakan di Kabupaten Gorontalo, sudah banyak masyarakat yang sadar menggunakan masker, ini pengaruhnya,” jelas Roni Sampir.

Penurunana trend penyebaran pandemi itu sendiri dengan mulai meningkatnya kesadaran masyarakat dalam menggunakan masker.

Dari hasil pantauan dan pengawasan oleh tim Satgas Covid 19, penggunaan masker di Kabupaten Gorontalo yang awalnya hanya 60 persen kini sudah naik ke 90 persen.

Peningkatan kesadaran penggunaan masker itu juga tak lain dengan adanya peraturan pemerintah Kabupaten Gorontalo serta Pemerintah Provinsi Gorontalo serta jajaran terkait lainnya.

“Kita sudah capai 90 persen untuk kesadaran memakai masker, memang belum sampai 100 persen tapi kita terus berbenah, paling banyak 10 persen tidak menggunakan itu di pasar,” terang Roni Sampir.(wi’/habari.id).