Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara Targetkan Dapat WTP

oleh

HABARI.ID I Wakil Bupati Gorontalo Utara, Thariq Modanggu menyatakan Pemerintah Kabupaten Gorontalo menargetkan predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian pada pemeriksanaan keuangan mandatang.

“Kita targetkan WTP, namun itu bisa kita capai jika semua pihak bisa saling mendukung terlebih pada hal pelaporan keuangan,” jelasnya.

Thariq sempat khawatir, sebab dari hasil perhitungan badan keuangan daerah, pelaporan keuangan tidak balance antara silva dan kas. Hal itu jelas akan berpengaruh pada penilaian.

“Kemarin Silva dengan Kas ada perbedaan 33 Miliar. Tapi bagi BPK ini tidak baik, sebab jangankan sebanyak itu hanya 1 rupiah saja tidak blance kita tak bisa WTP,” tegasnya.

Mencapai Opini WTP memang tidaklah mudah, sebab pemerintah daerah wajib memenuhi sekurang-kurangnya 4 kriteria WTP. Mulai dari Pelaporan Keuangan yang sesuai dengan standar akuntasi pemerintah (SAP) yang bedasarkan PP 71 tahun 2010. Selanjutnya, harus adanya adequate disclosure atau kecukupan pengungkapan, lalu penggunaan anggaran yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan, dan yang terakhir penerapan efektivitas Sistem Pengendalian Intern (SPI).

Oleh karena itu, Thariq meminta setiap OPD memiliki SDM yang ahli di bidang keuangan dan akuntansi. Menurutnya, memberikan tugas harus sesuai dengan kapasitas akan berdampak baik terhadap kemajuan kinerja.

“Jangan kita memberikan tanggung jawab keuangan kepada mereka yang tidak ahli di bidang akuntansi, berilah tugas kepada mereka yang ahli, atau paling tidak punya keinginan tinggi untuk belajar,” kata Thariq.

Thariq juga berpesan agar setiap OPD tidak lagi menunda-nunda pelaporan.

“Jadi jangan menunda buat laporan keuangaanya, saya lega karena setelah badan keuangan periksa pelaporan keuangan 33 Miliar itu berhasil ditemukan,” ungkap Plt. Bupati. (Wi/Habari.id)

 

Baca berita kami lainnya di

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.