Menjaga Indonesia

Paslon Pilkada Bonebol 2020 Segera Ditetapkan

HABARI.ID I Paslon (Pasangan Calon) Pilkada Bonebol (Bone Bolango) tahun 2020, segera digelar KPU Kabupaten Bone Bolango. Begitu kata Ketua KPU Adnan Berahim, saat diwawancarai wartawan habari.id Selasa (22/09/2020).

Pelaksanaan tahap penetapan paslon pilkada ini, Adnan jelaskan sudah direncakanan KPU Kabupaten Bone Bolango sebelumnya. Dan pastinya mengedepankan penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

“Rabu (23/09/2020) penetapan paslon pilkada kami gelar. Secara teknis kami siap karena ini adalah tahapan. Jadi kami sudah jauh-jauh hari memang mempersiapkan untuk pelaksanaan penetapan pasangan calon dan pengundian nomor urut untuk pasangan calon …”

“Tadi dari Kapolda juga menyampaikan bahwa protokol kesehatan harus tetap dilaksanakan, dan ini sifatnya wajib, perintah karena sudah diatur melalui peraturan Kementrian Kesehatan RI,” kata Adnan.

Dia juga sampaikan ini menjadi komitmen bersama, dan telah diatur dalam peraturan KPU Nomor 10 Tahun 2020 tentang pelaksanaan tahapan, dengan menerapkan protokol kesehatan.

KPU juga telah berkoordinasi dengan Polres Bone Bolango untuk pengamanan pelaksanaan pilkada, yakni kebutuhan personil keamanan dan kebutuhan teknis lainnya.

“Tadi dari Danrem juga menekankan untuk pelaksanaan pilkada harus menerapkan protokol kesehatan …”

“Karena memang pilkada ini dilaksanakan dalam keadaan pandemi covid-19 dan tidak yang bisa memastikan kapan akan berakhir pandemi ini,” ujar Adnan.

Untuk pengumuman penetapan pasangan calon Bupati dan calon Wakil Bupati, akan di informasikan melaui laman website dan medsos KPU.

“Untuk penetapan kita lakukan secara tertutup. Jadi hanya pleno tertutup internal KPU. Kalau untuk pengundian nomor urut itu akan dilaksanakan rapat pleno terbuka,” ungkapnya.(sodik/habari.id).