Menjaga Indonesia

Partisipasi Pemilih di Pilkada Trenggalek Meningkat

HABARI.ID, TRENGGALEK I Partisipasi pemilih di Pilkada Serentak 2020 Kabupaten Trenggalek, meningkat.

Terkait hal itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Trenggalek Gembong Derita Hadi menyampaikan ucapan terima kasih pada seluruh masyarakat Kabupaten Trenggalek yang telah berpartisipasi sebagai pemilih pada Pemilihan Bupati/Wakil Bupati 9 Desember kemarin.

Partisipasi pemilih di kabupaten Trenggalek meningkat dari tahun sebelumnya. “Alhamdullilah partisipasi pemilih Pilkada tahun ini meningkat di banding Pilkada limat tahun yang lalu …,”

“Peningkatannya 0,1 persen (nol koma satu persen),”  kata Gembong ketika di konfirmasi melalui jaringan seluler, Selasa (16/12/2020).

Gembong menambahkan, peningkatan angka partisipasi pemilih ini di dasarkan pada rapat rekapitulasi KPU Trenggalek yang di gelar hari ini di hotel Hayam Wuruk Trenggalek.

“Pada Pilkada tahun ini Daftar Pemilih Tetap atau DPT total 581.880. Sementara jumlah pemilih yang hadir di TPS (Tempat Pemungutan Suara) adalah 395.114,” jelasnya.

Lebih lanjut Gembong menyampaikan, Pada Pilkada lima tahun yang lalu tepatnya tahun 2015 partisipasi pemilih pada saat itu 67,8 persen. Kemudian pada Pilkada tahun 2020 saat ini jumlah pemilih secara prosentase mengalami peningkatan yakni 67,9 persen.

Gembong menjelaskan Pada Pilkada tahun ini merupakan Pilkada yang cukup sulit karena adanya pandemi Covid-19. Ia sendiri merasa kawatir jika jumlah pemilih akan mengalami penurunan.

“Namun berkat kerja keras dari seluruh jajaran kami, Alhamdullilah jumlah partisipasi meningkat dan sekali lagi saya sampaikan terima kasih pada seluruh jajaran KPU mulai dari tingkat kabupaten hingga Desa yang telah bekerja keras serta para pihak yang turut serta mensukseskan pilkada Trenggalek tahun ini,” pungkasnya (Sar/habari.id)