Menjaga Indonesia
Daerah

Musrenbang Itu, Dari Rakyat Untuk Rakyat

HABARI.ID I Musrenbang (Musyawaran Perencanaan Pembangunan), seperti program dari rakyat untuk rakyat. Begitu kata pelaksana tugas harian Bupati Gorontalo, Hadijah U. Tayeb, usai menghadiri Musrenbang tingkat kecamatan di Kecamatan Tilango Senin (22/02/2021).

Musrenbang, juga bagian dari penyusunan RKPD (Rencana Kerja Pemerintah Daerah) tahun 2022. Dan melalui musrenbang baik tingkat desa dan kecamatan, program prioritas yang menjadi usulan masyarakat tetap dimasukkan, dan akan dibahas pada tingkat Kabupaten Gorontalo.

“Itulah namanya Musrenbang, dari rakyat untuk rakyat. Yakni programnya yang diusulkan oleh rakyat dan dikembalikan kepada rakyat ..,”

“Dan program kegiatan yang masuk dalam musrenbang, dialokasikan untuk di tingkat Kabupaten ..,”

“Maupun provinsi serta pusat sesuai dengan peruntukkannya dan jelas. Tentunya satu kewajiban dalam penyusunan program kegiatan ..,”

“Serta kita diwajibkan memperhatikan visi-misi Bupati dan Wakil Bupati terpilih periode 2021-2026 untuk pengentasan kemiskinan,” ungkapnya.

Lebih lanjut Hadijah menyampaikan, karena pada 2016-2021 periode pertama Bupati Nelson Pomalingo berhasil menurunkan angka kemiskinan di Kabupaten Gorontalo, dari 23 persen menjadi 17,2 persen.

Maka yang harus dilakukan kedepan, adalah melakukan program kegiatan dalam mensejahterakan rakyat dan menuntaskan kemiskinan di Kabupaten Gorontalo.

“Pemerintah Kabupaten Gorontalo tentunya berharap, tahun depan minimal 6 sampai 7 persen angka kemiskinan bisa turun ..,”

“Maka periode 2021-2026 selesai kita bisa mencapai penurunan kemiskinan di Kabupaten Gorontalo mencapai 10 persen, sehingga sudah mendekati angka nasional,” imbuhnya.

Sementara itu Camat Tilango Ikram Hurudji menambahkan, memang ada beberapa program kegiatan yang terkena refocusing di tahun anggaran 2020, namun telah diusulkan kembali pada musrembang tahun 2021.

“Sesuai penyampaikan tadi dari anggota DPRD Kabupaten Gorontalo, bahwa menjadi masalah besar di Kecamatan Tilango yakni rusaknya Jalan Rajawali Palapa ..,”

“Alhamdulilah tahun 2021 melalui Dana PEN sekitar Rp 18 miliar akan dilakukan perbaikan atau pelebaran jalan, dari Desa Bulila Kecamatan Telaga sampai di Desa Tuwalango Kecamatan,” jelasnya.

Oleh kerena itu, lanjut Camat, pihaknya selaku Pemerintah Kecamatan menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Daerah dan DPRD Kabupaten Gorontalo, karena bisa memenuhi kebutuhan masyarakat.

Dirinya juga menyampaikan, masyarakat menginginkan agar jangan sampai hanya Jalan Rajawali Palapa yang diperbaiki.

Namun tidak sekaligus dengan pembagunan drainase, sehingganya diusulkan tokoh masyarakat kalau bisa dibangun dan dibuatkan drainase sepanjang jalan rajawali Palapa.

“Akan dikaji oleh jajaran Dinas PUPR Kabupaten Gorontalo, akan terterima hasilnya dan akan dimediasi pada kalangan masyarakat di masing-masing Desa ..,”

“Alhamdulilah diputuskan melalui musrembang ada 10 usulan yang akan dibawah pada musrembang tingkat Kabupaten Gorontalo ..,”

“Ditambah dengan satu usulan perioritas yang diminta oleh masyarakat dan dibantu DPRD dan Bappeda sehingga total usulan adalah 11 usulan untuk Kecamatan Tilango,” tandas Camat.(ver/habari.id).