Menjaga Indonesia

Mereka Yang Menggerakkan Pemuda Perangi Covid-19

HABARI.ID I Sejak awal mereka sudah terpanggil untuk berperang, meski musuh yang hadapi tidak terlihat. Dengan bermodalkan semangat tinggi, mereka yakin bisa menghadapi lawan yang tidak kasat mata itu.

Mereka siapa lagi kalau bukan seluruh anggota dan pengurus KNPI Provinsi Gorontalo, Kabupaten dan Kota, yang sejak awal tanpa pamrih menjadi garda terdepan melawan pandemi Covid-19.

Ketika Provinsi Gorontalo resmi dinyatakan positif Covid-19, KNPI mengumpulkan seluruh kekuatannya dengan menggandeng seluruh pemuda dari berbagai organisasi, turun menyebar ke seluruh pelosok dusun, desa, kelurahan, kecamatan hingga daerah memerangi Covid-19.

Gerakan mereka sangat masif menyentuh setiap masyarakat, suara mereka terdengar dimana-mana menyosialisasikan bagaimana cara pencegahan virus mematikan ini, serta dampak dari virus tersebut.

Ketua Umum KNPI Provinsi Gorontalo, menerima belasan ribu masker diserahkan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie.

Dan bersama ratusan pemuda dari berbagai organisasi itu, mereka juga membagikan alat pelindung diri kepada masyarakat. Jihad mereka tulus, disaat masyarakat sudah terlelap tidur merka masih berdiri tegak di wilayah perbatasan bersama jajaran petugas TNI dan Polri.

Hanya satu tujuan para pemuda tangguh ini, membantu tugas-tugas Pemerintah Daerah, aparat TNI dan Polri serta menekan laju penyebaran pandemi Covid-19 di lingkungan masyarakat.

Gerakan mereka tidak pernah terhenti, bahkan disaat sejumlah daerah di Gorontalo dilanda becana alam tanah longsor, pohon tumbang dan lebih parahnya bencana banjir bandang. KNPI dan ratusan pemuda lain mengatur strategi menekan pandemi corona, dan membantu korban bencana alam.

Satu komando, satu komitmen, satu kekuatan dan satu tujuan yang memperkuat mereka, rela berdiri bersama Pemerintah Daerah di tengah masyarakat lagi kesusahan menghadapi bencana non alam dan alam.

Kini tepat dimomen peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 92 Rabu (28/10/2020) KNPI bersama ratusan pemuda dari berbagai organisasi, berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Gorontalo dan aparat TNI/Pori, lebih memperkuat gerakan perang terhadap Covid-19.

Gerakan meraka kali lebih kuat lagi, sebab tidak hanya dilengkapi semangat juang Sumpah Pemuda, tetapi dibentengi dengan Peraturan Daerah Nomor 4 tahun 2020, tentang penegakkan pendisiplinan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Belasan ribu masker siap edar di seluruh wilayah Gorontalo, yang diserahkan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, kepada Ketua Umum KNPI Provinsi Gorontalo Ghalieb Lahidjun, menjadi bukti bahwa perang terhadap Covid-19 belum selesai.

Ketua Umum KNPI Provinsi Gorontalo Ghalieb Lahidjun, didampingi Sekretaris Umum KNPI Provinsi Gorontalo Novalliansyah Abdussamad, saat diwawancarai awak media.

“Saya secara pribadi dan atas nama KNPI Provinsi Gorontalo, mengucapkan terima kasih kepada seluruh pemuda dari berbagai organisasi yang siap memerangi Covid-19 di Gorontalo …”

“Terima kasih juga kepada Pemerintah Provinsi Gorontalo, yang telah memberikan masker untuk siap diedar kepada masyarakat di Gorontalo. Ucapan yang sama juga kepada pemerintah daerah Kabupaten, Kota serta aparat TNI dan Polri, yang siap bersinergi dengan pemuda Gorontalo,” ungkap Ghalieb.

Rusli sendiri merasa bangga melihat aksi tulus dan ikhlas seluruh pemuda Gorontalo tersebut, karena dengan demikian tugas-tugas yang dilakoni Pemerintah Daerah dan aparat hukum, lebih ringan lagi.

“Saya sangat salut, dimana di tengah-tengah pandemi covid-19 yang belum bisa diprediksi kapan berakhir, tapi kalian rela menjadi relawan-relawan yang datang dengan sendirinya, tulus dengan ikhlas membantu masyarakat, melindungi masyarakat,” ucap Rusli.(bink/habari.id).