Menjaga Indonesia

Perkuat Pengembangan Potensi Pertanian dan Peternakan di Kalitengah

Didukung Pemerintah Desa Kalitengah, Gapoktan Gelar Pertemuan dengan Kelompok Tani

HABARI.ID, KABUPATEN BLITAR I Pengembangan potensi pertanian dan peternakan di Desa Kalitengah, terus disupport. Desa Kalitengah, merupakan salah satu desa di kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar, yang memiliki banyak lahan pertanian potensial.

Mulai dari lahan sawah irigasi teknis sampai lahan tadah hujan, ada di desa ini dengan mayoritas penduduk bermata pencaharian sebagai petani dan peternak.

Kegiatan usaha tani di desa tersebut dinaungi Gapoktan Tani Manunggal dengan 10 kelompok taninya. Di rumah Kasiar, Kamis (28/10/2020), diadakan pertemuan Gapoktan.

Giat ini dihadiri kepala Desa Kalitengah, Mantri Tani Kecamatan Panggungrejo, POPT Kecamatan Panggungrejo, serta pengurus Gapoktan dan kelompok tani.

Kasiar menyampaikan, bahwa kegiatan pertemuan Gapoktan saat ini sangat membantu petani, karena pertemuan ini membahas bagaimana cara yang baik dalam usaha beternak sapi.

“Kami berharap kepada para peserta yang hadir, sudi kiranya menyampaikan hasil pertemuan ini kepada petani peternak di sekitarnya supaya bisa mengadopsi teknologi dan menerapkannya di Desa Kalitengah, khususnya warga peternak sapi,” kata Kasiar.

Kasiar sangat berterima kasih kepada Kepala Desa Kalitengah yang telah bersedia menganggarkan kegiatan tersebut melalui dana desa.

Sementar itu, Sugeng, Kades Kalitengah dalam acara tersebut juga menyampaikan bahwa pada tahun depan juga akan menganggarkan kembali dana desa untuk pos kegiatan Gapoktan Desa Kalitengah.

Untuk besaran anggaran yang akan dialokasikan masih perlu pembahasan lebih lanjut. Selain itu, Kades Kalitengah menyampaikan rencananya yang akan mengupayakan adanya bantuan berupa bibit buah-buahan untuk kelompok tani, tahun depan.

Dalam kesempatan tersebut Kades Kalitengah, Sugeng, juga menyampaikan terima kasih dan apresiasinya atas kehadiran seluruh pengurus Kelompok Tani Desa Kalitengah pada kegiatan tersebut.(ADV/Kmf/tos/habari.id)