Kunjungi Hutan Nantu; Nelson Tindaklanjuti Usulan LIPI

oleh
Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo saat melakukan kunjungan ke Hutan Nantu di Desa Bihe, Kecamatan Asparaga, Kabupaten Gorontalo, Rabu (18/09/2019).[foto_istimewa]

HABARI.ID I Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) sempat mengusulkan kepada pemerintah Kabupaten Gorontalo untuk membuat hutan esensial sebagai penyangga Hutan Nantu yang berada di desa Bihe, Kecamatan Asparaga, kabupaten Gorontalo.

Usulan tersebut ditanggapi serius oleh Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo. Bupati pun menyempatkan diri mengunjungi Hutan Nantu disela-sela lawatannya di kecamatan Asparaga, Rabu (18/09/2019). Observasi yang dilakukan Bupati tersebut untuk menentukan langkah-langkah apa yang akan dilakukan pemerintah demi menindaklanjuti usulan baik dari LIPI itu.

Dari kunjungannya itu, Nelson mengungkapkan bahwa pemerintah kabupaten Gorontalo nantinya akan melakukan kerja sama dengan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) untuk penanaman pohon keras yang notabenenya memiliki masa manfaat 20 tahun, bahkan lebih.

Karenanya, Nelson juga mengingatkan kepada masyarakat sekitar Hutan Nantu agar bisa turut menjaga kelestarian lingkungan di area itu, agar apa yang menjadi rencana pemerintah dapat terwujud.

“Hutan ini nantinya akan menjadi hutan lindung, hutan esensial. Maka masyarakat di sekitarnya perlu sama-sama menjaga lingkungan dengan menanam tananaman-tanaman lain yang dapat membantu pelestariannya,” ungkap Nelson.

Sementara itu, terkait infrastruktur di wilayah tersebut, Nelson memastikan akan segera membangun jalan.

“Kami akan bangun jalan juga, tapi jangan sampai telah dibangun infrastruktur ini, lalu lingkungan justru jadi rusak …”

“Karena biasanya kalau sudah ada akses yang bagus, orang bisa keluar masuk lebih leluasa. Karenanya perlu juga kesadaran masyarakat untuk turut menjaga,” kata Nelson.(fp/habari.id)

Baca berita kami lainnya di

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.