Nelson Instruksikan Dikes Pantau Kondisi Bayi Pengidap Hidrosefalus

oleh
Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo saat menjenguk bayi pengidap hidrosefalus di Puskesmas Tolangohula, Rabu (18/09). [foto_istimewa]

HABARI.ID I Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menginstruksikan kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo untuk menangani segera bayi yang mengidap hidrosefalus.

Ini diungkap Bupati saat meluangkan waktu menjenguk bayi yang baru berumur 7 hari anak dari pasangan Elli Luneto dan Karsum Akuba di Puskesmas Tolangohula, Rabu (18/09/2019).

Instruksi ini langsung ditindaklanjuti oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo Roni Sampir. Roni telah menugaskan seorang dokter untuk memantau kondisi bayi tersebut.

“Kami diminta oleh pak Bupati untuk mengawasi. Dan sesegera mungkin kita akan mengambil tindakan dan memberi rujukan dengan tetap memantau kondisi bayi tersebut,” ujar Roni sebagaimana dilansir 60dtk.com.

Bulan depan, kata Roni bayi tersebut akan dirujuk ke Rumas Sakit Aloei Saboe untuk pemeriksaan lebih lanjut.

“Persoalan apakah perlu dilakukan operasi, itu tergantung keputusan dari pihak rumah sakit. Orang tua bayi ini juga punya kartu BPJS, jadi kalau dioperasi biayanya gratis,” kata Roni.

Hidrosefalus adalah kondisi di mana terjadinya penumpukan cairan dalam otak yang mengakibatkan meningkatnya tekanan pada otak.

Pada bayi, hal ini ditandai dengan lingkar kepala yang cepat membesar, dan munculnya benjolan yang terasa lunak di ubun – ubun kepala.(60dtk.com/habari.id)

Baca berita kami lainnya di

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.