Menjaga Indonesia

Korban Banjir Gratis Tarif PDAM, Begini Penjelasan Isman Darise

HABARI.ID I Korban terdampak banjir di Kota Gorontalo digratiskan tarif PDAM oleh Pemerintah Kota Gorontalo. Jumat (10/07/2020) secara teknis Direktur PDAM Kota Gorontalo Isman Darise jelaskan, dirinya sangat mendukung upaya Wali Kota Gorontalo Marten A. Taha, dalam rangka mengurangi beban dari korban banjir.

Upaya pemberian gratis tarif PDAM bagi korban bencana banjir oleh Wali Kota Gorontalo, bagi Isman sangat tepat.

Karena korban bencana banjir sangat membutuhkan air bersih, sementara disisi lain mereka juga terbebani oleh tarif.

“Ini adalah penanganan korban bencana yang sangat tepat, dilakukan oleh Wali Kota Gorontalo, dan kami mendukung hal itu. Hanya dalam pemberian gratis tarif ini ada mekanisme teknis di lingkungan PDAM Kota Gorontalo …”

“Hal teknis yang dimaksud adalah melakukan pendataan terlebih dahulu oleh setiap kelurahan, kepada korban bencana di masing-masing wilayah …”

“Kemudian data tersebut yang nantinya akan menjadi acuan dan landasan bagi PDAM Kota Gorontalo, untuk menyamakannya dalam data yang dimiliki PDAM sendiri …”

Penanganan pasca bencana banjir oleh Wali Kota Gorontalo Marten A. Taha, bersinergi dengan aparat TNI dari Kodim 1304 Gorontalo.

“Contoh, jika ada 1.400 KK yang diusulkan Pemerintah Kota Gorontalo dan telah dilakukan ferivikasi oleh aparat kelurahan, kemudian dimasukan kepada PDAM. Maka PDAM akan meyamakan dengan data yang ada …”

“Kami akan lihat, apakah diantara mereka ada masuk atau tidak sebagai MBR (Masyarakat Berpengahasilan Rendah), yang terkafer oleh PDAM …”

“Kemudian apakah mereka sudah mendapatkan bantuan dari PDAM, termasuk apakah mereka pelanggan atau tidak,” jelas Isman.

Dia jelaskan, dalam pemberian gratis PDAM Kota Gorontalo sendiri tidak ingin menyalahi aturan yang ada. Kalau pun itu berdasarkan regulasi yang jelas, kenapa tidak untuk diberikan.

“Intinya, kami sangat mendukung apa yang dilakukan Wali Kota Gorontalo, dan saat ini sudah masuk tahap pendataan oleh aparat kelurahan,” pungkas Isman.

Sebelumnya Wali Kota Gorontalo Marten A. Taha jelaskan, kondisi korban bencana banjir di Kota Gorontalo tidak hanya membutuhkan makanan dan lain sebagainya.

Tetapi kebutuhan utama mereka adalah air bersih, baik untuk digunakan memasak, mandi dan lain-lain. Maka dari itu Pemerintah Kota Gorontalo sebagai lembaga penyertaan modal atas PDAM Kota Gorontalo, memberikan gratis tarif selama sebulan.

“Pemberian gratis tarif PDAM bagi korban bencana, ada mekanismenya dan hal itu dilakukan oleh PDAM Kota Gorontalo ..”

“Dan berkoordinasi dengan aparat kelurahan mengenai data korban bencana yang digratiskan tarif PDAM selama sebulan,” singkat Marten.(bink/habari.id).