Menjaga Indonesia

Cerita Offroad Rusli Habibie, Mulai Dari Ganti Mobil Sampai Menyalurkan Bantuan

HABARI.ID I Bukan Rusli Habibie namanya, kalau tidak suka dengan tantangan. Medan terbilang baru dan ekstrim di wilayah Kabupaten Bone Bolango, menjadi tantangan Rusli Habibie bersama 15 pengendara lainnya, saat berolahraga offroad Sabtu (11/07/2020). Karena merasa tertantang dengan medan itu, Rusli sendiri sampai berganti mobil dari jenis Hardtop biasa pindah ke Hardtop Long Chasis.

Cerita offroad Rusli Habibie itu, dimulai dari Jalan Desa Bulotalangi Timur Kecamatan Bolango, terjal dan licinnya jalur yang dilalui diawal medan tersebut membuat Rusli dan 15 pengendara lain menguras tenaga.

Teknik memainkan stir, pedal gas sampai persneling dilakukan Rusli dan ke 15 pengendara lain di bawah guyuran hujan siang itu.

Gubernur Gorontalo saat memberikan semangat kepada seorang warga di pedalaman Bone Bolango.

Namun tak bisa menaklukan medan tersebut, akhirnya sang Guberur memilih pindah ke mobil hardtop long chasis, dari jenis hardtop biasa.

Medan awal yang cukup ekstrim itu berhasil ditaklukan, dan Rusli juga saat itu bersama anaknya Zainal Habibie bersama rombongan, melanjutkan perjalanan.

Di tengah perjalanan saat di wilayah permukiman warga, rombongan berhenti sejenak dan membagikan paket sembako yang sudah disiapkan di mobil, kepada warga.

“Kami dari komunitas Jeep yang tergabung di IOF (Indonesian Off-Road Federation) menyapa masyarakat, sekaligus bakti sosial membagikan bahan pokok pangan …”

“Masker dan lain-lain, kesadaran masyarakat tentang covid-19 sudah cukup baik. Meski berada di dusun-dusun mereka menggunakan masker,” ucap Rusli.

Perjalanan pun dilanjutkan, Bukit Arang Desa Lonuo Kecamatan Tilongkabila menjadi titik awal perjalanan itu dimulai.

Rangkaian kegiatan Bakti Sosial IOF Gorontalo.

Sembari Rusli dan rombongan menikmati pemandangan, di tempat wisata baru di Bone Bolango tersebut yang dipenuhi dengan pengunjung.

Tapi jangan salah, tantangan bagi para Offroad yang dipimpin Rusli itu, belum berakhir. Ketangkasan offroader ini terus diuji, lintasan yang begitu licin membuat beberapa mobil tertahan.

Bahkan satu mobil terjun bebas ke jurang, yang tingginya sekitar 30 meter kebawah, akibat coba mendahului mobil lain di depannya dan kehilangan kendali, sampai akhirnya terajtuh ke jurang.

Tantangan dari olahraga ini memang jangan ditanya lagi, selain menguji adrenalin, olahraga ini bukan hanya sekedar memainkan teknik mengendara, tetapi harus siap dengan strategi yang matang agar bisa menaklukan medan.

Dan olahraga ini sudah lama dilakoni Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, dan sudah menjadi hobinya. Ketika ada waktu luang, bukan hanya fisik yang dipersiapkan Rusli, tetapi kondisi kendaraannya harus siap tempur.

Olahraga yang dilakoninya ini, turut membantu dirinya sebagai pejabat Pemerintah Provinsi Gorontalo untuk menyapa dan menyalurkan bantuan, kepada masyarakat yang ada di pedalaman.

Sehingga sangat wajar dan tidak sedikit warga di pedalaman sangat mengenal jenis kendaraan Rusli Habibie, bahkan mereka sangat senang jika Rusli dan rombongannya berada di pedalaman yang tidak bisa dijangkau orang lain.(sodik/habari.id).