Menjaga Indonesia

JWS Datang Berkah Buat Pedagang

HABARI.ID I Kunjungan rombongan touring JWS 2020 ke lokasi air terjun Saluopa, Desa Wera, Poso, membawa berkah bagi pedagang yang berada di lokasi tersebut. Dagangan yang ditawarkan oleh para pedagang diborong oleh Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie, dan peserta touring JWS.

Dagangan tersebut berupa jajanan pisang goreng, jagung, dan kacang rebus. Selain itu ada pula kerajinan cinderamata. Seperti gantungan kunci.

Saat menyusuri jalan menuju ke lokasi air terjun Saluopa, Rusli Habibie, kerap singgah untuk memboyong dagangan para pedagang di lokasi air terjun.

Contohnya ketika baru akan masuk lokasi air terjun,  Rusli Habibie, memborong pisang goreng pedagang di dekat jembatan masuk ke lokasi air terjun Saluopa.

“Pisang gorengnya berapa,” tanya Rusli Habibie. “Rp1.000 satu Pak,” kata sang penjual. “Kalau saya beli 100, harganya Rp100.000 boleh tidak,” ujar Rusli Habibie kembali bertanya.

Sang pedagang sempat bingung ketika mendapat pertanyaan tersebut. Nanti beberapa peserta JWS 2020 menerangkan, sang pedagang pun tersenyum lebar.

Hal yang sama dilakukan Rusli Habibie ketika menyambangi pedagang cinderamata. Rusli menawar gantungan kunci yang terbuat dari kayu hitam. Harganya Rp15.000 per buah.

“Kalau saya beli 20 buah Rp300 ribu bisa,” tanya Rusli dengan gaya khasnya. Sontak pertanyaan itu membuat sang pedagang heran sekaligus girang bukan kepalang.

“Terima kasih banyak Pak sudah belanja di tempat kami walaupun tempat kami belum memadai. Kami juga senang bisa ambil gambar,” ucap Ismawati Ganta, sang pedagang penuh antusias.(rls/fp/habari.id)